IFBC Banner

Jenderal Polri Ini Sebut Ancaman Jika FPI Punya Bahan Peledak dan Senpi

Sabtu, 02 Januari 2021 – 10:01 WIB

Ilustrasi FPI (Foto: Istimewa)

Ilustrasi FPI (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Polisi tak mungkin diam begitu saja jika anggota Front Pembela Islam (FPI) berpotensi berbuat kriminal. Salah satunya muncul dalam sebuah video, pimpinan FPI Rizieq Shihab menyatakan siap melawan musuh-musuhnya dengan segala kekuatan yang dimiliki, baik itu berupa senjata api, amunisi, maupun bahan peledak. 

IFBC Banner


"Artinya, kalau mereka punya senjata api, punya amunisi, punya bahan peledak, terus kami mau diam saja? Mau jadi apa negara ini kalau kami diam?" kata Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto lewat siaran tertulis pada Jumat 1 Desember 2021.

Polri mencatat, ada 94 kasus dan 199 tersangka yang melibatkan FPI. Bahkan ada 35 anggota FPI terindikasi terlibat organisasi teroris.

Agus pun mengingatkan bahwa setiap organisasi kemasyarakatan atau ormas, baik terdaftar maupun tidak, harus mendasarkan setiap kegiatannya pada aturan hukum yang berlaku.

"Silakan saja sepanjang mereka tidak melanggar hukum, sepanjang mereka tidak mengganggu ketertiban umum, sepanjang mereka tidak mengganggu keamanan, ya, silakan saja," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah secara resmi telah melarang segala aktivitas termasuk penggunaan atribut FPI. Larangan ini tertuang dalam SKB yang diteken enam pejabat negara pada Rabu, 30 Desember 2020.