Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seorang Teknisi Ditangkap Setelah Bobol 3 ATM dalam Sehari

Rabu, 15 Mei 2019 – 23:00 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Seorang pemuda berinisial MZ (28 tahun) membobol tiga mesin ATM hingga berhasil meraup puluhan juta rupiah. Atas perbuatnya pelaku ditangkap dan ditahan oleh Jajaran Unit Reskrim Polsek Metro Kramat Jati. 

Kapolsek Metro Kramat Jati Kompol Nurdin A Rahmat, mengungkapkan MZ melakukan pembobolan mesin ATM di tiga lokasi berbeda dalam kurun waktu hanya satu hari saja, yakni Sabtu (27/4/2019). 

"Tersangka memang seorang teknisi sebuah perusahaan swasta yang menawarkan jasa memperbaiki kerusakan mesin ATM. Jadi memang mudah bagi dia untuk mengotak-atik mesin ATM tersebut," ujar Kapolsek di Mapolsek Metro Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019). 

Lokasi pertama, MZ membobol uang di mesin ATM sebuah minimarket di Jalan Condet Raya. Saat itu, ia mendapatkan tugas dari kantornya yang mendapatkan order perbaikan tiga mesin ATM. Ia kemudian berangkat dari kantor bersama seorang petugas sekuriti kantornya yang memegang kunci ATM tersebut, bernama Hariz (32 tahun). 

"Tersangka ini hanya teknisi, dia enggak bisa buka mesin ATM karena kuncinya dipegang oleh sekuriti tersebut. Pas sudah memperbaiki mesinnya, kuncinya dikembalikan ke sekuriti, lalu diambil lagi tanpa sepengetahuan sekuritinya. Saat itu dia beraksi dan ambil uang Rp 6,9 juta," ucap Kapolsek. 

Tugas MZ berlanjut ke mesin ATM di kawasan Balekambang. Dengan modus yang hampir sama, MZ kembali mengelabui Hariz yang memegang kunci mesin ATM. 

Saat Hariz lengah, MZ menggasak sebanyak Rp 13,9 juta. "Begitu juga di lokasi mesin ATM ketiga di sebuah minmarket kawasan Balekambang. Ia kembali mengelabui sekuriti itu dan mengambil uang sebesar Rp 15,2 juta," jelas Kapolsek. 

Total, MZ merampas uang sebanyak Rp 36 juta. Tak butuh waktu lama, MZ pun diringkus saat berada di kawasan Ciracas, Jakarta Timur. 

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti tiga lembar rekapan hasil audit beserta baju seragam yang dikenakan oleh MZ saat membobol mesin ATM. 

Saat dipertemukan dengan wartawan, MZ menjelaskan motifnya mengapa dia membobol tiga unit ATM di Jalan Raya Condet, Kelurahan Balekambang. "Buat kebutuhan sehari-hari sama bayar utang. Kemarin secara acak saja," kata MH di Mapolsek Metro Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019). 

MZ mengaku dirinya baru sekali melakukan tindak kejahatan membobol tiga unit ATM. Meski beraksi pada Sabtu (27/4/2019), saat dicokok penyidik Unit Reskrim Polsek Kramat Jati di Jalan Raya Suci, Susukan, Ciracas MH sudah menghabiskan seluruh uangnya hasil curiannya. 

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, MZ yang kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Metro Kramat Jati dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara. (nls)