Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

60 Napi Lapas Langkat yang Kabur Berhasil Diamankan, 20 Masih Kabur

Jumat, 17 Mei 2019 – 07:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

MEDAN, REQNews - 80 warga binaan di Lapas Narkotika Kelas III Kabupaten Langkat yang kabur saat kerusuhan, 60 sudah diamankan oleh polisi dibantu personil dari TNI, sementara 20 masih buron.

"Untuk data saya minta dari kepolisian, sekitar 80 orang. Sudah kembali 60 orang. Namun, data ini belum akurat ya. Karena mereka belum tahu," ujar Kepala Devisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Indah Rahayu. 

Untuk sisa warga binaan yang masih melarikan diri, hingga kini masih dilakukan pengejaran oleh petugas kepolisian dibantu petugas dari Kemenkum HAM Sumut dan sipir. 

Indah mengatakan kondisi lapas saat ini sudah terkendali dengan aman. Dalam kejadian ini, Indah menyebutkan ada 20 tuntutan napi. Permintaan mereka di antaranya perbaikan perlakukan sipir dan penghapusan pungli di penjara. Hal ini, kata Indah, akan disampaikan kepada pimpinan Kemenkum HAM di Sumut dan di Jakarta. 

Selanjutnya, pihak lapas bersama Kemenkum HAM akan menggelar rapat untuk membahas tindak lanjut dari kerusuhan ini, termasuk upaya perbaikan lapas. (nls)