Pendukungnya Rusuh di Capitol Hill, Trump: Saatnya AS Tenang dan Damai

Rabu, 13 Januari 2021 – 10:32 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto:Istimewa)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pekan lalu, pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bikin ricuh di Gedung Capitol Hill. Pasca kejadian itu, kini Trump mengatakan saat ini waktunya bagi AS untuk menciptakan ketenangan dan kedamaian.

"Sekarang saatnya bagi negara kita untuk menyembuhkan dan sudah waktunya untuk kedamaian dan ketenangan," ucap Trump saat berkunjung ke Alamo, Texas, dikutip AFP, Rabu 13 Januari 2021.

Diberitakan sebelumnya, kondisi keamanan di Amerika Serikat meningkat. Khususnya di Washington DC, usai terjadi kericuhan di Gedung Capitol Hill pada pekan lalu.

Para pendukung Trump yang kecewa dengan hasil pilpres sempat menduduki gedung tersebut. Bahkan tak sedikit anggota parlemen yang terancam keselamatannya.

Massa juga sempat terlibat bentrokan dengan aparat. Puluhan orang lantas ditangkap dan akan segera disidang.

Atas kejadian itu, Partai Demokrat menuding Donald Trump berperan dalam terjadinya kericuhan tersebut. Mereka menilai massa melakukan kericuhan hingga kekerasan di Capitol Hill akibat pidato Trump.

Karenanya, Partai Demokrat meminta Wapres AS Mike Pence dan kabinetnya untuk mencopot Trump dari jabatan presiden. Jika tidak, Demokrat berencana memakzulkan Trump.

Namun Trump membantah telah menyampaikan pidato yang menyulut pendukungnya hingga membuat kericuhan di Gedung Capitol Hill. Pun menyetujui status darurat keamanan untuk wilayah Washington D.C mulai 11 sampai 24 Januari mendatang.

Keputusan Trump itu diambil menjelang pelantikan Joe Biden yang memenangkan pilpres. Mengutip Reuters, status darurat keamanan diterapkan setelah Biro Investigasi Federal AS (FBI) memperingatkan adanya ancaman keamanan ketika pelantikan Biden.