Ngeri! Ini Aksi Kopaska, Pasukan 'Setan Laut' Pencari Black Box dan Korban Sriwijaya SJ 182

Rabu, 13 Januari 2021 – 11:45 WIB

Kopaska (Foto: Istimewa)

Kopaska (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Pencarian dan evakuasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 hingga saat ini masih terus dilakukan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono ketika mendatangi lokasi pencarian di wilayah perairan Kepulauan Seribu menyatakan, setidaknya 160 penyelam pilihan prajurit TNI AL telah dikerahkan untuk mencari korban dan mengangkat puing-puing Sriwijaya Air SJ182 dari kedalaman sekitar 20 meter di bawah permukaan laut.

“160 penyelam pilihan prajurit TNI AL telah dikerahkan dari kedalaman sekitar 20 meter di bawah permukaan laut.” Jelas Laksamana Yudo Margono selasa 12 Januaro 2021.

Prajurit TNI AL dalam operasi SAR yang dilakukan sejak dipastikan pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak itu jatuh yakni Komando Pasukan Katak (Kopaska), Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib), dan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Marinir TNI AL.

Berikut rekam jejak perjalanan pasukan elit Kopaska TNI AL yang terlibat aktif dalam operasi penyelaman mencari pesawat Sriwijaya Air SJ182. 

Pasukan yang memiliki julukan Manusia Katak tersebut sangat teruji di medan tempur baik di darat maupun di dalam laut. Tak perlu diragukan lagi, pasukan ini memang secara khusus dipersiapkan untuk melakukan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti halnya operasi kemanusiaan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 ini.

Tak hanya itu, pasukan elit TNI AL ini tercatat memiliki beberapa pengalaman melakukan penyelaman operasi SAR untuk mencari sejumlah pesawat yang pernah jatuh di wilayah perairan Indonesia.

Pada tahun 2018 lalu, TNI AL juga mengerahkan Kopaska dalam pencarian pesawat Lion Air JT610. Pasukan ini juga pernah diikutsertakan dalam operasi SAR pencarian pesawat Air Asia QZ8501 tahun 2014 yang dikenal sebagai medan yang sangat sulit jika dibandingkan dengan titik jatuhnya pesawat Lion Air JT610 dan Sriwijaya Air SJ182.

Hingga saat ini puing demi puing pesawat nahas itu sudah mulai dinaikkan ke daratan oleh Kopaska dan Tim SAR gabungan dari berbagai unsur lainnya. Harapan untuk menemukan para korban dan puing pesawat itu pun perlahan mulai mendapatkan titik terang.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono berharap pencarian para korban dan dapat selesai dalam waktu cepat.