Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dua Rumah Produsen Petasan Digerebek Tim Buser

Jumat, 17 Mei 2019 – 13:30 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

PROBOLINGGO, REQNews - Tim Buser (Tim Buru Sergap) Satreskrim Polres Probolinggo menggerebek rumah produsen petasan di dua lokasi berbeda.

Lokasi pertama yang digerebek, rumah milik M Yusuf bin Adi Arip (31), warga Desa Jurang Jero, Kecamatan Gading. Di dalam rumah Yusuf, petugas mengamankan mesiu, selongsong dan sumbu petasan yang siap diedarkan serta diledakkan.

Sementara di lokasi kedua, petugas menggerebek rumah Sudar Didik (39), warga Desa Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton. Di lokasi tersebut, petugas juga mengamankan mesiu sekitar 2 kg dan sumbu petasan.

Dua tersangka langsung diamankan petugas ke Mapolres Probolinggo guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, dua tersangka yang ditangkap petugas memiliki hubungan antara penjual dan pembeli. Mereka sama-sama sebagai produsen petasan.

Penangkapan berawal dari informasi masyarakat, yang resah ada penjualan petasan di sekitar tempat tinggalnya. Dari informasi itu, petugas lantas melakukan pengembangan hingga muncul nama M Yusuf sebagai produsennya.

Petugas langsung menggerebek rumah Yusuf dan mengamankan barang bukti, sejumlah bahan peledak. Dari keterangan Yusuf, diketahui bahwa sebagian bahan peledak telah dijual ke tersangka Sudar.

Atas informasi itu, petugas langsung bergerak menggerebek rumah Sudar dan mendapati barang bukti yang sama. Kapolres menyebut, jika aksi penggerebekan kali ini merupakan bagian Ops Pekat Semeru 2019.

“Kita masih selidiki kepemilikan bahan peledak ini, tentunya ada UU Darurat No 12 Tahun 2019, untuk menjerat tersangka atas kepemilikan bahan peledak,” kata kapolres, Kamis (16/5/2019).

Atas penangkapan dua tersangka, kapolres mengaku masih melakukan penyelidikan dan pengembangan. Pihaknya juga masih mengukur seberapa besar daya ledak mesiu yang mereka miliki.

Sementara petugas berhasil mengamankan barang bukti dari para tersangka dengan rincian, selongsong mercon sebanyak 400 biji dan bubuk mesiu seberat 3,5 kg. (nls)