Ini Dia Sekda DKI yang Baru Pengganti Saefullah

Kamis, 14 Januari 2021 – 12:01 WIB

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali

JAKARTA, REQnews - Teka-teki siapa yang akan dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI akhirnya terjawab sudah. Adalah Marullah Matali yang saat ini menjabat sebagai Walikota Jakarta Selatan, yang akan dilantik Jumat, 15 Januari 2021.

Kebenaran kabar terpilihnya Marullah Matali disampaikan sebagai Sekda DKI dibenarkan oleh Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Syarif. "Iya sudah dipilih sejak Senin. (SK-nya) sudah keluar. Sesuai dengan rencanan pelantikan akan berlangsung besok Jumat," kata Syarif, Kamis, 14 Januari 2021.

Menurut Syarif tepilinya Marullah Matali suatu hal yang diharapkan dan ditunggu warga Jakarta. "Pak Marullah itu sudah sesuai dengan kriteria, memiliki kapasitas serta kompetensi yang mempuni dan lengkap. Namun yang utama beliau bagian dari representasi dari orang betawi," ujar Syarif.

Diharapkan Marullah Matali dapat menjadikan Jakarta lebih maju dan berkembang termasuk dapat mengembangkan berbagai budaya yang ada si Jakarta. "Kami berharap pak Marullah bisa bekerja sama dengan baik bersama gubernur dan wagub. Banyak potensi yang bisa dibangun di Jakarta. Berbagai budaya bisa berkembang terutama budaya betawi," jelas Syarif.

"Intinya, kita menginginkan pak Marullah dapat menjadi seperti sekda legendaris yakni pak Syaefullah," tutupnya.

Marullah mengalahkan sembilan kandidat lainya. Di bawah Marullah, terdapat nama Sri Hartati yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekda. Sri Hartati meraih skor 80,00 dengan bobot 20,00 persen.

Selanjutnya walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko berada di posisi ketiga dengan skor 77,78. Di bawahnya berturut-turut ada nama Yusmada Faisal (77,78), Andri Yansah (77,78), Dhany Sukma (71,11), Faisal Syafruddin (73,33), Bayu Meghantara (75,56), Edi Sumantri (75,56) dan Arifin (68,89).

Marullah juga raih skor tertinggi dalam tes menulis dan makalah. Sebelumnya, dalam tes tertulis dan skor penulisan makalah, Marullah juga meraih skor tertinggi. Tercantum, skor diraih Marullah Matali untuk menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta tersebut mencapai 78,00.

Pengumuman itu tentang Hasil Tertulis dan Penulisan Makalah Dalam Rangka Seleksi Terbuka Jabatan Sekretaris Daerah dan Deputi Gubernur DKI Jakarta tahun 2020. Surat itu ditetapkan Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya tahun 2020 Suharti pada Selasa lalu, 27 Oktober 2020.