Jadi Calon Kapolri, Listyo Salip 4 Angkatan dan Jenderal Senior

Kamis, 14 Januari 2021 – 14:02 WIB

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto:Istimewa)

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Presiden Joko Widodo telah mengirimkan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR, dan kini DPR akan memprosesnya dalam kurun waktu 20 hari ke depan.

Sebelumnya diketahui Kompolnas merekomendasikan lima nama calon Kapolri kepada presiden. Mereka adalah Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Listyo Sigit Prabowo, Komjen Boy Rafli Amar, Komjen Arief Sulistyanto dan Komjen Agus Andrianto.

Dengan dipilihnya Listyo sebagai Kapolri, Listyo melewati 4 angkatan atau para jenderal senior lulusan terbaik yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri (Kabaintelkan) Komjen Rycko Amelza Dahniel (1988), Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri (1989), dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Herry Rudolf Nahak (1990).

Sementara Listyo merupakan lulusan Akademi Polisi atau Akpol pada tahun 1991. Jenderal bintang tiga ini kariernya terbilang cukup bagus. Pada tahun 2009, Listyo menjabat sebagai Kapolres Pati. Pada tahun 2010, Listyo lantas menjabat sebagai Kapolres Sukoharjo.

Listyo juga pernah menjadi Wakapoltabes Semarang dan Kapolresta Surakarta pada tahun 2011. Kemudian pada 2012, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta untuk menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Pada Mei 2013, ia lantas bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Pria kelahiran Ambon, Maluku pada 5 Mei 1969 ini rupanya pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi. Tepatnya pada 27 Oktober 2014, Irjen Listyo Sigit Prabowo ditunjuk sebagai ajudan Jokowi. Pada tahun 2016, Listyo Sigit menjadi seorang jenderal bintang satu sebagai Kapolda Banten.

Sejak 13 Agustus 2018, Listyo Sigit Prabowo pindah ke Mabes Polri serta menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Posisi baru ini membuat pangkat Listyo Sigit Prabowo naik menjadi Irjen atau jenderal bintang dua.

Setelah setahun lebih di Divisi Profesi dan Pengamanan, kini Listyo Sigit Prabowo mendapat promosi jabatan menjadi Kabareskrim. Dia mendapat tambahan satu bintang menjadi Komjen dalam kepangkatannya.