Katanya Tak Ada Pelanggaran Prokes, Gelar Perkara Pesta yang Dihadiri Raffi-Ahok Untuk Apa?

Rabu, 20 Januari 2021 – 04:04 WIB

Raffi Ahmad dan sejumlah selebriti saat menghadiri pesta tanpa menerapkan prokes

Raffi Ahmad dan sejumlah selebriti saat menghadiri pesta tanpa menerapkan prokes

JAKARTA, REQnews - Meskipun sebelumnya Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beserta sejumlah selebriti, namun gelar perkara terkait pesta tersebut tetap akan dilakukan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, penanganan perkara itu tetap di Polres Selatan. Namun, gelar perkara akan dilakukan di Polda Metro Jaya. "Rencananya baru besok kita gelar perkara," katanya, Selasa, 19 Januari 2021. Dalam gelar perkara tersebut, polisi nantinya akan menentukan ada atau tidaknya dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam pesta yang dihadiri Raffi Ahmad tersebut.

Selain itu, Tubagus masih enggan memerinci perihal banyaknya saksi yang telah dimintai keterangan dari kasus tersebut. Menurut Tubagus, teknis penanganan perkara masih akan menjadi wewenang Polres Metro Jakarta Selatan. "Perkaranya tetap ditangani Polres Jakarta Selatan. Nanti gelar perkaranya bareng-bareng melihat ada-nggak pidananya. Karena itu kan di rumah, pribadi sifatnya," terang Tubagus.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beserta sejumlah selebriti.

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ," katanya kepada wartawan, di Jakarta, Senin 18 Januari 2021.

Hasil pemeriksaan pada 10 orang yang menghadiri ulang tahun bos KFC itu mengungkap acara itu telah menerapkan protokol kesehatan. Setiap tamu undangan yang hadir sudah menjalani tes swab antigen.

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.

Pesta yang dihadiri Raffi Ahmad hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di rumah milik pengusaha inisial RG di kawasan Jakarta Selatan telah menyita perhatian publik. Dalam foto-foto yang beredar, para tamu undangan tersebut terlihat abai terhadap protokol kesehatan.