Perang Bintang! Datangi DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo Dikawal 7 Jenderal

Rabu, 20 Januari 2021 – 13:24 WIB

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini, Rabu 20 Januari 2021 menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI. Ia tak sendirian, kedatangannya kali ini didampingi tujuh jenderal di jajaran Kepolisian.

Mulai dari Kapolri Jenderal Idham Azis, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto. Kemudian ada Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Sulut Irjen Panca Putra hingga Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta.

Listyo mengatakan bahwa ia didampingi oleh para senior dari angkatan 1987, 1988, 1989, dan 1990 untuk menjalani uji kelayakan calon kapolri di DPR. "Saat ini kami, Polri solid," ujar Listyo di Komisi III DPR RI, Rabu 20 Januari 2021.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengantarkan surat pencalonan Kapolri ke DPR RI, Rabu 13 Desember 2021. Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani menerima Surpres dari Jokowi.

"Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," ujar Puan Maharani membacakan surat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Komisi III DPR pun meminta masukan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hingga hari ini, Listyo mengikuti fit and proper test di DPR.