Miliarder Jack Ma Muncul Lagi dan Bicara di Depan Guru dalam Konferensi Online

Rabu, 20 Januari 2021 – 13:21 WIB

Foto: bloombergquint.com

Foto: bloombergquint.com

Beijing, REQNews.com -- Jack Ma, pendiri Alibaba dan Ant Group, muncul lagi setelah berbulan-bulan menghilang dari pandangan publik.

Ma berbicara kepada sejumlah guru pada konferensi online, Rabu 20 Januari 2021. Ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan Ma, untuk mengakui pencapaian pendidik di pedesaan.

Kemunculan Ma kali pertama dilaporkan blog lokal, dan dikonfirmasi oleh orang-orang yang mengetahui acara itu.

Bloomberg menulis kemunculan Ma membantu memadamkan rumor akan nasibnya, terutama saat Beijing melakukan penyelidikan terhadap raksasa keuangan Ant Group Co dan Alibaba Group Holding Ltd.

Ma tidak terlihat di depan umum sejak awal November, ketika regulator Cina menggangu penawaran saham perdana (IPO) Ant Group senilai 35 miliar dolar AS, memperketat regulasi, lalu memerintahkan perombakan Ant.

Cina juga meluncurkan penyelidikan antitrust kepada Alibaba. Semua tindakan Beijing dikeluarkan dalam rentang beberapa hari.

Muncul spekulasi serangan Cina terhadap Ma adalah upaya mengendalikan generasi raksasa teknologi. Partai Komunis Cina tidak ingin kehilangan kendali atas negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.