Basarnas Periksa Tanda SOS di Pulau Laki, Ini Hasilnya

Rabu, 20 Januari 2021 – 23:23 WIB

Sinyal SOS di Pulau Laki (Foto:Istimewa)

Sinyal SOS di Pulau Laki (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Heboh tanda SOS di Pulau Laki, Kepulauan Seribu, membuat Basarnas langsung menerjunkan timnya untuk memeriksa secara langsung. im Basarnas yang turun langsung ke pulau itu ternyata tidak menemukan tanda apapun.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman MS mengatakan setelah menerima informasi terkait viralnya tanda SOS itu, ia langsung memerintahkan anggota Basarnas melakukan pengecekan.

"Tadi saya langsung suruh anggota saya cek tadi pagi itu," kata Rasman, Rabu, 20 Januari 2021.

Tanda SOS itu menurut Rasman kemungkinan ada nelayan atau warga yang biasa mencari burung menandainya di aplikasi Google Maps.

"Kita nggak menemukan apa-apa. Bisa aja itu nelayan di situ mungkin atau ada orang yang lagi cari burung atau apa. Bisa saja. Jadi nggak ada apa-apa, sudah saya konfirmasi sama anggota tidak menemukan sesuatu," kata Rasman.

Rasman juga mengaku kurang mengetahui apakah Pulau Laki berpenghuni atau tidak. Karena biasanya, pulau itu digunakan untuk tempat berlindung nelayan saat cuaca buruk.

"Kita sendiri juga tidak tahu. Kalau pulau biasanya pasti ada penghuninya. Pulau laki saya gak tahu persis apakah ada penghuninya atau tidak," ujarnya.

Rasman menjelaskan biasanya nelayan kalau cuaca kurang baik dia akan berlindung disitu. "Perahunya dinaikan. Mungkin ya dia main HP atau segala macem. Ya bisa saja, tapi kalau berkaitan dengan Sriwijaya tidak ditemukan," ujarnya.