Duh, Menkes Positif Covid-19 Usai Promosikan Obat dari Dukun

Minggu, 24 Januari 2021 – 02:04 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Setelah dengan gencar dan begitu menggebu-gebu dalam mempromosikan ramuan khusus dari dukun, Menteri Kesehatan (Menkes) Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi kini terkonfirmasi positif Covid-19.

Kini, sang Menkes harus menjalani isolasi ketat secara mandiri. Orang-orang yang kontak erat dengannya pun tengah menjalankan kewajiban serupa.

"Tesnya menunjukkan positif Covid-19 pada Jumat (22 Januari), dan dia telah diminta untuk mengisolasi diri," kata pejabat di Kementerian Kesehatan Sri Lanka, seperti dikutip dari AFP, Sabtu 23 Januari 2021.

Sebelumnya, ia mengaku tidak takut dengan virus corona, karena memiliki bantuan ilmu sihir dan obat penangkal Covid-19 yang didapatkannya dari seorang dukun.

Bahkan, Wanniarachchi terang-terangan mempublikasikan ramuan tersebut ke media dan hadapan publik, sekaligus mengajak masyarakat Sri Lanka untuk mengonsumsinya.

Ramuan yang diketahui terbuat dari madu dan pala itu, diproduksi seorang dukun, yang sempat menimbulkan kontroversi karena mengklaim obat miliknya dalam mencegah virus seumur hidup.

Wanniarachchi dikenal sebagai sosok yang doyan dengan hal-hal mistis. Ia pada November 2020 lalu sempat melaksanakan ritual penuangan air suci ke sungai. 

Hal itu dilakukannya, dengan alasan mendapat bisikan dari orang suci yang ia temui dalam perenungan untuk mengakhiri pandemi corona.

Para dokter di Sri Lanka sebelumnya juga telah menegaskan bahwa tidak ada dasar ilmiah untuk sirup yang disebut sebagai ramuan ajaib itu.