Kisah Miris Ambroncius, Tak Dianggap di Partai dan Kalangan Aktivis Pro-Jokowi

Kamis, 28 Januari 2021 – 02:01 WIB

Politikus Partai Hanura yang juga Ketua Umum Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) Ambroncius Nababan

Politikus Partai Hanura yang juga Ketua Umum Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) Ambroncius Nababan

JAKARTA, REQnews - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin) Ambroncius Nababan, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan rasialisme kepada eks komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Meski berlabel sebagai relawan Jokowi-Amin, namun sepertinya pria yang juga politikus Partai Hanura ini kurang populer di kalangan aktivis pro-Presiden Jokowi. Seperti diungkapkan Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer.

"Ambroncius ini tidak dikenal di kalangan nasional aktivis pro-Jokowi. Dia hanya tokoh dan aktivis lokal. Jadi tidak punya sense of sensitivitas politik nasional. Alhasil, dia malah terjebak dalam isu SARA," katanya kepada wartawan, Rabu, 27 Januari 2021.

"Saya juga berharap Abang Natalius Pigai untuk bersabar dan tidak melakukan langkah-langkah yang kontraproduktif. Apalagi jika sampai isu ini jadi liar dan ada provokator yang memanaskan suasana di Papua," tambah Noel, sapaan Immanuel Ebenezer.

Sebelumnya, Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika menyebut Ambroncius Nababan sudah tidak aktif di Partai Hanura.

"Selama saya jadi sekjen, tidak pernah bertemu beliau aktif di Hanura lagi. Beliau lebih aktif sebagai Ketua Umum Projamin, ormas pendukung Jokowi. Kalau lihat klarifikasi seragamnya juga pakai seragam Projamin dan berwarna merah," kata Pasek, Senin, 25 Januari 2021.

Pasek juga mengatakan sudah tidak pernah bertemu Ambroncius Nababan untuk membahas urusan Partai Hanura. Ia menilai, Ambroncius telah fokus bertugas di ormas Projamin.

"Saya juga tidak pernah bertemu urusan partai selama ini. Mungkin beliau sudah fokus di ormasnya. Semoga saja bisa diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Meskipun Ambroncius Nababan pernah menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Hanura, Pasek menegaskan, Ambroncius Nababan aktif menjadi Ketua Umum Projamin. "Beliau pernah nyaleg di Hanura dan sekarang Ketua Umum Projamin," ucapnya.

Selain itu, Pasek mengungkapkan, ada sekitar 2 juta orang yang terdaftar dalam kartu tanda anggota (KTA). Ia pun mengatakan unggahan status Ambroncius Nababan tidak ada kaitannya dengan Partai Hanura.

"Kalau tercatat ada lebih 2 juta KTA pernah ada di Hanura. Tapi faktanya kan beliau klarifikasi dan beraktivitas di ormas Projamin. Belum pernah aktif lagi di Hanura dan lagi pula itu kan status FB pribadi beliau yang tidak ada hubungan dengan Hanura. Doa kami semoga masalahnya cepat selesai dengan baik," ujarnya.

Unggahan Ambroncius Nababan menjadi polemik karena menyandingkan foto Natalius Pigai dengan foto gorila dalam akun media sosialnya. Dia juga menulis 'Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies. Sa setuju pace'. Ambroncius Nababan kemudian dipolisikan akibat ujarannya ini.