Baru Dilantik Jadi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Bongkar Rahasia Idham Azis, Apa Itu?

Kamis, 28 Januari 2021 – 09:02 WIB

Eks Kapolri Idham Azis (Foto: Istimewa)

Eks Kapolri Idham Azis (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pasca dilantik jadi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung berani menilai karakter pendahulunya, Jenderal Idham Azis.

Listyo menilai karakter kepemimpinan Jenderal Idham bagai burung elang. Yakni tidak memamerkan dirinya, namun mampu menunjukkan hasil kerja yang optimal.

"Karakter Pak Idham seperti karakter elang pemimpin, tidak perlu memamerkan dirinya seperti burung merak, nuri, kepodang untuk dikenal dan disegani oleh kawan dan lawan," kata Jenderal Listyo di Jakarta, Rabu 27 Januari 2021.

Mantan Kabareskrim menambahkan, sikap itu sejalan dengan pribadi Idham yang tidak suka melakukan pencitraan. Namun lebih mengutamakan hasil kerja yang nyata dirasakan. 

Pada kesempatan yang sama ia menyebutkan bahwa perjalanan kariernya hingga menjadi Kapolri ke-25 tidak terlepas dari peran Jenderal Idham. Menurutnya, Idham Azis senantiasa mendukungnya mencapai prestasi pengungkapan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

"Berkat dukungan beliau, beliau sosok senior yang saya kagumi, selalu saya jadikan role model dalam kedinasan dan kehidupan sehari-hari. Sosok pimpinan yang berani, tanggung jawab, peka, selalu membela, memperhatikan dan melindungi anggotanya," kata Sigit.

Eks Ajudan Presiden Jokowi itu pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jenderal Idham. Khususnya atas dedikasi, pengabdian, pemikiran, dan loyalitasnya untuk kemajuan Polri selama 33 tahun.

Kemudian kepada Fitri Idham Azis, Sigit juga mengapresiasi perhatian, kasih sayang, dan jasanya mengembangkan organisasi Bhayangkari dan Polwan dalam mencapai berbagai prestasi di bawah kepemimpinannya.

Diberitakan sebelumnya, Jenderal Idham Azis resmi menyerahkan Panji Kepolisian Tribrata kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam acara serah terima jabatan Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Penyerahan Panji Kepolisian Tribrata itu sekaligus menandai bahwa Korps Bhayangkara resmi di bawah komando Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.