Ridwan Kamil Cari 5.000 Anak Muda untuk Diberi Modal, Ini Syaratnya

Kamis, 28 Januari 2021 – 15:32 WIB

Ridwan Kamil (Foto:Istimewa)

Ridwan Kamil (Foto:Istimewa)

BANDUNG, REQNews - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil membuat gebrakan dengan akan memberikan modal pada 5.000 anak muda. Ridwan Kamil mengatakan, ketimbang menganggur dan tidak ada kerjaan, lebih baik bergabung dengan program 'bela negara' yang diiniasi oleh Pemprov Jawa Barat.

Modal tersebut akan diberikan kepada yang bersedia menjadi petani dan akan dimodali.

Pemprov Jawa Barat akan meminjamkan lahan seluas 2000 meter persegi untuk bercocok tanam.

"DICARI 5000 ANAK MUDA JAWA BARAT YANG MAU BELA NEGARA DENGAN MENJADI PETANI 4.0. Daripada nganggur dan banyak rebahan melamun, mending gabung aja. Tanah subur masing-masing dipinjamkan 2000 m2 dari pemprov. Modal dari bank BJB dan hasil langsung dibeli oleh Agro Jabar," tulis Ridwan Kamil lewat akun Twitter-nya, Rabu, 27 Januari 2021.

Pendaftaran akan dimulai pada minggu depan. Adapun salah satu syaratnya yaitu mau tinggal di desa untuk mengurus lahan pertanian.

"Salah satu syaratnya mau tinggal ngekos di desa. Menikahi kembang desa adalah pilihan," kata Ridwan Kamil.

Program ini merupakan salah satu bagian dari revolusi pertanian 4.0 yang direncanakan oleh Ridwan Kamil. Dia juga menyebut ini adalah rencana besarnya di tahun 2021.

Ridwan Kamil mengajak anak-anak muda mau tinggal di desa untuk mendapat rezeki kota dan membuat busnis yang mendunia.

"Disini produksi pertanian bisa 2 kali lipat hanya dengan konsumsi air hanya 20 persen dari biasanya, berkat teknologi pertanian infus yang diterapkan. Dan bisa bertani selama full 12 bulan tanpa terpengaruhi dinamika cuaca. HAYU, Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia," ujarnya.