Tok! Diduga Plagiat, Triyono Martanto Gagal Jadi Hakim Agung

Jumat, 29 Januari 2021 – 08:03 WIB

Triyono Martanto (Foto: Istimewa)

Triyono Martanto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Usulan calon tunggal hakim agung yaitu Triyono Martanto, oleh Komisi Yudisial (KY) ditolak. Sebab Komisi III DPR RI, hanya menyetujui tiga nama calon hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA).

Keputusan tersebut diambil setelah sebelumnya dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon hakim agung dan ad hoc.

Mereka adalah Andari Yuriko Sari sebagai calon Hakim Ad Hoc Hubungan industrial. Kemudian ada Achmad Jaka Mirdinata. Sebagai Calon Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial.

Serta Sinintha Yuliansih Sibarani, sebagai calon Hakim Ad Hoc Tipikor.

"Apakah nama-nama tersebut dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir selaku pimpinan rapat kepada anggotanya yang hadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis 28 Januari 2021. "Setuju," jawab anggota yang hadir.

Adies mengatakan jika ketiga nama calon hakim ad hoc pada MA itu akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk mendapatkan persetujuan. "Akan diproses berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu 27 Januari 2021, saat proses uji kelayakan dan kepatutan Triyono dihentikan oleh Komisi III DPR. Karena, Triyono diduga telah melakukan plagiat. Terkait makalah yang diserahkan ke Komisi III DPR sebagai materi uji kelayakan dan kepatutan.

"Oke kalau demikian patut diduga  Ini tolong rapat saya ambil keputusan tidak dilanjutkan. Tinggal fraksi-fraksi yang memutuskan karena ini patut diduga," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa, Rabu 27 Januari 2021.