IFBC Banner

Cuitan Bernada Rasis ke Pigai, Abu Janda Ngeles Kaya Bajaj Bawa-bawa Nama Hendropriyono

Kamis, 04 Februari 2021 – 22:35 WIB

Permadi Arya alias Abu Janda (Foto: Hastina/REQnews)

Permadi Arya alias Abu Janda (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Permadi Arya alias Abu Janda diperiksa oleh Bareskrim Polri atas dugaan ujaran kebencian bernada suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Itu ditujukan kepada mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai.

Permadi pun menjelaskan terkait dengan kata 'evolusi' dalam kicauannya di Twitter @permadiaktivis1 yang ditujukan kepada Natalius Pigai.

"Dia (Pigai) menghina dengan sangat keji, bahkan body shaming 'apa kapasitas kau dedengkot tua,' gitu. Jadi saat saya bikin tweet itu adalah dalam konteks saya membela pak jenderal," ujar Permadi di Bareskrim Polri, Kamis 4 Februari 2021.

Ia berdalih bahwa kata 'evolusi' yang dimaksud, yaitu untuk mempertanyakan kapasitas dan cara berpikir Pigai. Karena, saat itu Pigai tengah berdebat dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono.

"Jadi karena ini semuanya dimulai dari tweet Natalius Pigai menanyakan kapasitas (Hendropriyono). Saya juga kembali menanyakan balik ke dia. Saya balas tanya balik, apa kapasitas kau sudah selesai berpikir, sudah selesai evolusi belum cara berpikir kau, kapasitas berpikir kau," kata dia.

Pegiat media sosial itu pun mengakui, bahwa tuduhan yang dilayangkan merupakan bentuk penghinaan terkait cara berpikir Pigai. Namun, Permadi menyesalkan karena perkara tersebut malah dilebarkan.

"Ada indikasi pelanggaran saya menghina Pigai, setuju. Tapi itu delik aduan Pigai ke saya. Jangan dilebarin ke mana-mana," tambahnya lagi.

Ia juga heran dengan pelapor, yang ternyata adalah orang yang sama dengan pelapor kasus 'Islam arogan.' "Untuk pelaporan yang ternyata pelaporannya masih itu-itu juga. Saya juga nggak ngerti, ini urusan saya sama Bang Pigai, tapi kok yang laporinnya kok ini bukan Bang Pigai," lanjutnya.

Sebelumnya, DPP KNPI melalui Ketua Bidang Hukum DPP KNPI Medi Lubis melaporkan akun @permadiaktivis1 atau diduga akun milik Permadi Arya alias Abu Janda ke Bareskrim Polri. Pelaporan itu dilakukan terkait cuitan yang diduga mengandung ujaran kebencian.

Laporan tersebut tertuang dalam nomor LP/B/0052/I/2021/Bareskrim, tanggal 28 Januari 2021. Pelapor adalah Medya Rischa dengan terlapor @permadiaktivis1.

"Telah diterima laporan kami Alhamdulillah, secara koperatif dari pihak polisi juga kami tidak dipersulit, sudah kami tunjukkan bukti-buktinya bahwa kami hari ini telah melaporkan akun Twitter @permadiaktivis1 yang diduga dimiliki oleh saudara Permadi Arya alias Abu Janda ya," kata Medi kepada wartawan, Kamis 28 Januari 2021.

"Jadi yang kami laporkan di sini adalah dugaan adanya ujaran kebencian dengan memakai SARA ya dalam twitnya tanggal 2 Januari 2021 yang menyebut 'kau @nataliuspigai apa kapasitas kau, ah sudah selesai evolusi kau'," lanjutnya.