Jelang Perayaan Imlek, ASN hingga TNI-Polri Haram Lakukan Ini

Selasa, 09 Februari 2021 – 08:32 WIB

Perayaan Imlek (Foto: Istimewa)

Perayaan Imlek (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pemerintah melarang aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI-Polri, hingga pegawai BUMN pergi ke luar kota. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro dan libur Imlek pada Jumat 12 Februari 2021. 

"Pelarangan ke luar kota khusus bagi ASN, prajurit TNI, anggota Polri, pegawai BUMN selama masa liburan panjang ataupun long weekend yang terkait dengan kegiatan Imlek nanti," ujar Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin 8 Februari 2021.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan melakukan perubahan kebijakan pengaturan perjalanan dalam negeri dan perjalanan ke luar negeri. Itu dilakukan untuk mengendalikan laju Covid-19 ketika penerapan PPKM Mikro yang berlaku pada 9-22 Februari 2021.

Adapun enerapan protokol dan pengaturan bagi perjalanan dalam negeri, yaitu pengetatan protokol kesehatan terkait dengan testing, baik itu PCR test maupun antigen swab. "Kemudian juga dengan pelaksanaan pengetesan random ataupun tes acak dan juga tentu pembatasan kegiatan saat libur panjang ataupun keagamaan," kata dia.

Airlangga pun melarang WNA untuk memasuki wilayah RI selama penerapan PPKM Mikro. Tetapi, kata dia, akan ada pengecualian bagi WNA dengan kategori tertentu untuk bisa memasuki wilayah di Indonesia.

"Kemudian penerapan pengaturan bagi pelaku perjalanan internasional, yaitu larangan memasuki wilayah Indonesia bagi WNA kecuali dengan kriteria tertentu dengan pengetatan protokol kesehatan terkait dengan testing PCR test, kewajiban karantina terpusat," lanjutnya.