Pecinta Manga Pasti Sedih, Buku Komik Kini Jadi Modus Baru Selundupkan Narkoba

Minggu, 14 Februari 2021 – 07:01 WIB

Tembakau sintetis disembunyikan dalam buku komik (foto: istimewa)

Tembakau sintetis disembunyikan dalam buku komik (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Selalu saja ada cara baru para penjahat menyelundupkan narkoba. Mulai dari disembunyikan di celana dalam, bahkan dimasukkan ke dalam anus, hingga yang terbaru diselipkan di buku komik.

Modus baru penyelundupan di dalam buku komik ini dibongkar oleh Bea Cukai Aceh. Dua orang diamankan dalam kasus ini.

Kedua pelaku menyembunyikan narkoba jenis tembakau sintetis ke dalam komik, lalu dikirim melalui jasa pengiriman dari Pulau Jawa menuju Aceh.

Kepala Bidang Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh Isnu Irwantoro mengatakan pelaku berinisial RF dan I. Keduanya sudah diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh.

"Atas upaya penyelundupan tersebut, pelaku dijerat melanggar Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 114 Ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata Isnu, Sabtu 13 Februari 2021.

Paket komik berisi narkoba itu sebenarnya sudah terendus oleh Bea Cukai Kediri, Jawa Timur pada Selasa 9 Februari 2021 lalu. 

Kemudian, dari Kediri, informasi diberikan ke Aceh. Petugas pun segera bergerak untuk menindaklanjutinya. Tim Bea Cukai Aceh dan BNNP Aceh kemudian mendatangi kantor jasa pengiriman di kawasan Aceh Besar pada Jumat 12 Februari.

Sekitar pukul 14.00 WIB, paket tersebut ditemukan. Setelah dibuka, benar saja, di dalam buku komik ditemukan tembakau sintetis.

 

"Sejam kemudian, pelaku RF dan I datang mengambil barang di kawasan Lamlagang, Banda Aceh. Saat mengambil barang, keduanya langsung diamankan," ujar Isnu.