Bogor Sering Dituduh Jadi Penyebab Banjir Jakarta, Wali Kota Bima Arya Meradang

Senin, 22 Februari 2021 – 05:03 WIB

Wali Kota Bogor, Bima Arya memenuhi panggilan Bareskrim Polri terkait dengan kasus RS Ummi Bogor (Foto: Hastina/REQnews)

Wali Kota Bogor, Bima Arya memenuhi panggilan Bareskrim Polri terkait dengan kasus RS Ummi Bogor (Foto: Hastina/REQnews)

BOGOR, REQnews - Bogor sering dituduh jadi penyebab banjir Jakarta. Wali Kota Bogor Bima Arya pun meradang.

Iamenyebut banyak faktor penyebab banjir di ibu kota, bukan melulu karena limpahan air dari wilayahnya. "Aliran air dari hulu memang menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta, tapi jika tinggi muka air di Bendung Katulampa Siaga 1. Pada Sabtu 20 Februari kemarin, tinggi muka air di Bendung Katulampa hanya Siaga 3," ujar Bima Arya di Kota Bogor, Minggu 21 Februari 2021.

Menurutnya, karena sebagian wilayah di Jakarta memang sudah tergenang banjir, yang artinya volume air di Ibu Kota sudah tinggi. Jadi, kata dia ketika bicara soal hulu bukan sekedar kiriman air dari Bogor.

"Penyebab banjir di Jakarta, di antaranya juga dipengaruhi oleh kondisi DAS Ciliwung ke Jakarta, yang banyak dibangun rumah liar, banyak sampah dan limbah, dan terjadi pendangkalan," ujarnya di Bogor, Minggu 21 Februari 2021.

Saat itu, pada Rabu dan Kamis, 10-11 November 2020 Bima Arya melakukan ekspedisi Ciliwung. Yaitu mulai dari Kota Bogor sampai ke Pintu Air Manggarai di Jakarta. Terkait hal itu, ia pun sudah mengirimkan surat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Dalam surat tersebut, kami menyampaikan hasil ekspedisi Ciliwung, yang mengusulkan penanganan DAS Ciliwung tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus bersama-sama secara komprehensif dan terintegrasi," sambungnya.

Wali Kota Bogor itu mengatakan permasalahan banjir di Jakarta, tak bisa diselesaikan sepihak dan dalam waktu singkat. Tapi, masih kata Bima, harus bersama dari hulu sampai hilir, dan membutuhkan proses yang tidak sebentar. "Penanganan persoalan banjir di Jakarta tidak bisa parsial dan temporer saat musim hujan saja," lanjutnya.