Akhirnya Nurhadi Bongkar Tempat Persembunyiannya Selama Buron

Jumat, 26 Februari 2021 – 22:31 WIB

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi

Mantan Sekretaris MA, Nurhadi

JAKARTA, REQnews - Teka-teki dimana mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi bersembunyi bersama menantunya, Rezky Herbiyono, saat buron selama empat bulan akhirnya terungkap.

Saat menjalani sidang pemeriksaan secara virtual dari Gedung KPK sebagai terdakwa perkara dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di MA, Jumat, 26 Februari 2021, Nurhadi mengakui dirinya bersama Rezky bersembunyi di salah satu rumah miliknya di Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kediri, Jawa Timur.

"Selama DPO hanya di satu tempat. Di rumah saya di Kediri. Saya hanya berdua sama Rezky. Ya (rumah) yang di Sambi," kata Nurhadi kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nurhadi mengklaim, tidak ada orang yang mengetahui selain dirinya dan Rezky soal tempat persembunyian tersebut.

Dia juga menjelaskan alasannya tidak menghadiri beberapa kali panggilan pemeriksaan KPK hingga akhirnya berstatus buronan. Nurhadi berdalih bahwa ia harus menjelaskan panjang lebar kepada keluarganya ihwal penetapan tersangkanya oleh KPK. Ia mengaku kepada keluarganya bahwa tidak bersalah dalam perkara dugaan suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara ini.

"Gini, pertama saya lagi melakukan upaya hukum praperadilan, itu satu. Kedua, saya tidak pernah melakukan hal yang disangkakan tapi saya diposisikan sebagai tersangka, kaitan ini saya harus mendudukan keluarga, memberikan pemahaman, karena keluarga saya perempuan semua dan cucu saya traumatik," ujarnya.

Menurut Nurhadi, saat itu seharusnya KPK menghormati lebih dulu praperadilan yang diajukan pihaknya. Sejalan dengan itu, sambung Nurhadi, ia juga harus menenangkan keluarganya atas kasus yang menjeratnya. "Jadi ini yang mendasari saya kenapa saya memutuskan untuk tidak hadir panggilan itu kemudian sampai DPO," dalihnya.