Jadi Walikota, Hanya Anak-Mantu Jokowi yang Dikawal Paspampres

Jumat, 26 Februari 2021 – 23:31 WIB

Gibran Rakabuming (kiri) - Bobby Nasution (kanan)

Gibran Rakabuming (kiri) - Bobby Nasution (kanan)

JAKARTA, REQnews - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi, Bobby Nasution, sudah resmi dilantik sebagai Wali Kota dimasing-masing daerah pemilihannya.

Gibran yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Bobby sebagai Wali Kota Medan, tetap mendapat pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Komandan Paspampres, Agus Subiyanto mengatakan, anak dan mantu Jokowi itu mendapat pengawalan bukan karena jabatannya sebagai kepala daerah.

Menurutnya, Paspampres memiliki tugas dan pokok melakukan pengawalan fisik dengan jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, juga keluarga serta tamu kehormatan negara dan mantan presiden dan wakil presiden.

"Jadi anak-anak Presiden dapat pengawalan dari Paspampres. Bukan karena wali kotanya," ujar Agus kepada wartawan, Jumat, 26 Februari 2021.

Dijelaskan Agus, pengawalan terhadap anak Presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. Di dalam Pasal 3 ayat (3) disebutkan, keluarga presiden yang diberikan pengawalan oleh Paspampres ialah istri atau suami presiden dan wakil presiden, anak presiden dan wakil presiden dan menantu presiden dan wakil presiden.