Mayjen TNI Agus Rohman, Orang Dekat SBY yang Dimutasi Jadi Pangkogabwilhan III

Sabtu, 27 Februari 2021 – 22:01 WIB

Mayjen TNI Agus Rohman (Foto: Istimewa)

Mayjen TNI Agus Rohman (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Kabar menggembirakan datang dari  markas Panglima Kodam XIV/Pattimura. Mayjen TNI Agus Rohman dimutasi menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III menggantikan posisi Letjen TNI Ganip Warsito.

Kabar tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ditandatangani oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada tanggal 23 Februari 2021 lalu.

Mutasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Profil Mayjen TNI Agus Rohman

Mayjen TNI Agus Rohman  dikenal sebagai salah satu prajurit TNI AD yang dekat dengan Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menjabat sebagai Asops Danpaspampres pada tahun 2008-2009.

Prajurit infanteri yang memiliki karir cukup cemerlang, tahun 2009 ia ditunjuk sebagai Ajudan SBY.

Tak hanya itu, Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu juga dipercaya untuk memimpin Korem 061/Surya Kencana pada tahun 2012 sampai 2013. Setelah menjabat Danrem Surya Kencana, Agus ditarik ke satuan Kostrad hingga membawanya ke posisi Panglima Divif 1 Kostrad pada tahun 2018-2020.

Setelah menjabat Pangdivif 1 Kostrad, dia didapuk untuk menjabat Pangdam XVI/Pattimura di tahun 2020 lalu. Dan kini, Mayjen TNI Agus kembali dipercaya untuk memimpin Kogabwilhan III.