Ngeri! Ada Lagi Virus Corona Jenis Baru dari Rusia, Harap Waspada!

Jumat, 05 Maret 2021 – 06:02 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Otoritas Australia menemukan virus corona jenis baru di Queensland pada pekan ini, yang berbeda dari varian asal Inggris B117.

Virus ini disebut sebagai corona Rusia, yang sudah menjangkit dua orang di Queensland. Keduanya terdeteksi berasal dari hotel, yang menjadi pusat karantina warga yang baru pulang dari luar negeri.

Dua orang yang diyakini tertular virus corona jenis Rusia ini diketahui telah terbang dari Doha dengan maskapai penerbangan Qatar Airways, nomor penerbangan QR898.

Bila mutasi corona dari Inggris dinamai B117, virus Rusia ini kini memiliki namanya sendiri, yakni B11317.

Pakar penyakit menular Fakultas Medis Australian National University Profesor Peter Collignon meminta semua pihak untuk tidak bereaksi berlebihan dan panik dengan kemunculan virus corona Rusia ini.

"Ini sama saja seperti kita dengar ada jenis Afrika Selatan, jenis Brasil, sekarang jenis California, New York," ujar Profesor Collignon kepada ABC Radio Brisbane, seperti dikutip pada Kamis 4 Maret 2021.

"Mereka menular dengan cara yang sama, lewat tetesan air liur, yang berarti partikel menjadi lebih besar saat kita terlalu berdekatan," kata Collignon menambahkan.

Sementara itu, Profesor Kirsten Spann dari Queensland University of Technology mengatakan sulit untuk memahami seberapa signifikan virus jenis ini.

"Saya sudah mencari di literatur dan sepertinya tak banyak laporan soal apa itu tepatnya mutasi," ujar Spann.