AHY 'Ditendang' Ini Daftar Petinggi Partai Demokrat Versi KLB

Jumat, 05 Maret 2021 – 18:01 WIB

Bendera Partai Demokrat

Bendera Partai Demokrat

JAKARTA, REQnews - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) telah memutuskan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak lagi menjabat sebagai ketua umum partai berlambang bintang mercy itu.

Ketua umum Partai Demokrat kini disebut telah ditempati oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Sementara mantan sekretaris jenderal Partai Demokrat, Marzuki Alie ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina.

"Pertama Dewan Pimpinan Pusat 2020-2021 yang diketahui AHY, dinyatakan demisioner. Partai Demokrat menimbang dan memperhatikan bahwa putusan menetapkan pertama, dari dua calon, atas voting berdiri, maka pak Moeldoko ditetapkan menjadi ketua umum Partai Demokrat periode 2021-2026," ujar ," ujar Jhoni Allen, Jumat, 5 Maret 2021.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan meminta agar kepolisian membubarkan kongres luar biasa (KLB) yang digelar oleh sejumlah pihak di Deli Serdang, Sumatera Utara. Ia mengaku sudah mengecek ke kepolisian, bahwa acara tersebut merupakan forum ilegal.

"Bahwa penyelenggaraan KLB itu dipastikan ilegal, karena Polri baik Mabes maupun Polda sama sekali tidak memberikan ijin penyelenggaraan KLB. Oleh karena penyelenggaraan KLB itu tidak ada ijinnya maka negara harus membubarkannya," ujar Hinca lewat keterangan tertulisnya hari ini.

KLB tersebut juga disebutnya menyalahi hukum, sebab Partai Demokrat tak mengizinkan digelarnya forum tersebut. Apalagi ada pihak eksternal yang terlibat, yakni Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

"Jadi tidak benar ini urusan internal semata tapi sdh melibatkan pihak eksternal, jadi memang harus dibubarkan. Jika tidak dibubarkan, polisi dan istana telah melakukan pembiaran pelanggaran hukum dan perusakan demokrasi," ujar Hinca.