Viral Plagiat Lay EXO, Young Lex: Fans Kpop Otak Micin!

Selasa, 09 Maret 2021 – 12:52 WIB

Young Lex (Foto: Istimewa)

Young Lex (Foto: Istimewa)


JAKARTA, REQnews - Video single anyar Young Lex rapper Indonesia "Raja Terakhir" dituding plagiat MV LIT karya milik EXO' s Lay Zang.

Warganet menilai video yang diunggah pada channel youtube pada Senin 8 Maret 2021 itu sangat mirip dengan karya Lay EXO. 

Akibatnya, sosial media Youtuber itu dibanjiri oleh komentar netizen maha benar.  Tak tanggung-tanggung, nama Young Lex juga muncul di media lokal Korea Selatan, Koreaboo, yang mengulas perbandingan antara video Raja Terakhir dan Lit Karya Lay EXO yang rilis Juni 2020 tahun lalu. Young lex juga menjadi trending topic di Twitter (9/3) pagi ini.

Para fans Lay EXO melihat banyak kesamaan yang ditemukan dalam video klip "Raja Terakhir (The Last King)".

Adapun bagian yang dinilai sangat mirip terlihat saat adegan naga muncul di tengah pasukan. Hanya saja bedanya,di video Lay EXO terlihat bulan berada di sebelah kanan, sementara Young Lex menempatkannya di kiri.

Selain itu, salah satu koreografi yang ditampilkan Young Lex di video itu juga sangat mirip dengan gerakan Lay EXO di Lit.

Latar tempat mereka menari pun sama, kobaran api berwarna merah. Koreografi, latar, hingga kostum ketika mereka menari di depan tangga sebuah bangunan kuno juga sangat mirip.

Tak sampai di situ, kostum salah satu penari perempuan di dalam kedua video itu juga sangat mirip, yaitu memakai jaring di kepala dengan kuku tangan sangat panjang.

Para penggemar EXO pun meradang. Mereka meminta warganet lainnya untuk ramai-ramai melaporkan video Young Lex itu agar dihapus oleh YouTube. Tak terima dituduh plagiat, Young Lex ikut menuliskan di kolom komentar videonya, "Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat."

Namun tak lama berselang, kini tulisannya itu telah dihapus.