Menkes Klaim, Vaksinasi Covid-19 sudah Mencapai 10 Juta Dosis

Jumat, 26 Maret 2021 – 23:32 WIB

Vaksin Covid-19 (Foto: Istimewa)

Vaksin Covid-19 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengklaim pemerintah telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak 10 juta dosis per Jumat 26 Maret 2021.

"Hari ini Insya Allah hari ini vaksinasi akan menembus 10 juta vaksinasi. Dengan kecepatan harian kita sudah mendekati 500 ribu penyuntikan per hari," ujar Budi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 26 Maret 2021.

Dari jumlah tersebut, ia berharap pada bulan berikutnya akan semakin bertambah. Karena, akan ada 15 juta dosis vaksin lagi yang tiba di Indonesia.

Ia pun menyebut jika di negara lain kasus Covid-19 melonjak, seperti di Eropa dan India. Kenaikan tersebut dipicu munculnya strain atau varian baru Covid-19. Di Indonesia, varian baru tersebut telah ditemukan pada Januari lalu.

Selain itu, kata dia, mobilitas agresif akibat sempat turunnya kasus positif Covid-19 di beberapa negara juga mengakibatkan penularan kembali tinggi. Sehingga, ia berharap agar di Indonesia kasus tersebut bisa turun, tidak seperti di Eropa.

"Sehingga arahan Pak Presiden yaitu, agar coba dicari titik keseimbangan agar hasil yang sudah bagus, penurunan karena PPKM Mikro kita enggak kehilangan momentum perbaikannya," kata dia. 

Budi juga mewaspadai kemungkinan adanya embargo vaksin akibat lonjakan yang terjadi di negara-negara lain. Menurutnya, itu bisa berpengaruh pada ketersediaan vaksin Covid-19 beberapa bulan ke depan.

"Sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksin agar tidak ada kekosongan vaksin nantinya," sambungnya.