IFBC Banner

Stok Beras Nasional Beli dari Petani Capai 1 Juta Ton, Gak Perlu Impor!

Senin, 29 Maret 2021 – 11:01 WIB

Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas

Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas

JAKARTA, REQnews - Berdasarkan hasil dari penyerapan produksi padi para petani di masa panen raya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, memastikan stok beras nasional aman dengan kapasitas mencapai 1 juta ton.

IFBC Banner


"Setelah berminggu-minggu semua Direksi Bulog turun ke sawah untuk memantau dan memastikan penyerapan produksi petani dalam negeri, per hari ini stok beras Bulog sudah tembus satu juta ton," kata Budi Waseso dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, 28 Maret 2021.

Stok beras tersebut didapatkan dari penyerapan gabah beras petani pada musim panen raya 2021 yang dilakukan hampir sebulan penuh oleh manajemen Perum Bulog. Stok beras nasional satu juta ton merupakan batas aman dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Budi Waseso atau yang biasa dipanggil Buwas menjelaskan bahwa realisasi penyerapan yang dilakukan Bulog sampai dengan akhir Maret tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

Sampai dengan 26 Maret 2021, Bulog sudah menyerap sebanyak lebih dari 180.000 ton setara beras produksi dalam negeri dari seluruh Indonesia.

Buwas mengatakan serapan harian Bulog tahun ini rata-rata sudah mencapai 10.000 ton per hari. Jumlah tersebut diperkirakan akan cenderung meningkat lagi dalam beberapa minggu ke depan.