Menhan Prabowo Subianto Tiba di Korsel, Saksikan Peluncuran Prototipe Jet Tempur KF-X

Rabu, 07 April 2021 – 10:31 WIB

Foto: asia.nikkei.com

Foto: asia.nikkei.com

Seoul, REQNews.com -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hari ini tiba di Seoul untuk menghadiri peluncuran prototipe jet tempur KF-X.

Korea Times melaporkan Menhan Prabowo Subianto tiba di Korea Selatan (Korsel) hari ini bersama 20 pejabat, menggunakan pesawat pribadi.

Sumber diplomatik dan industri pertahanan Korsel mengatakan Menhan Prabowo akan berada di Seoul selama tiga hari, dan menyaksikan peluncuran prototipe KF-X.

Fokus pertahanan kunjungan ini adalah apakah Menhan Prabowo Subianto akan menegaskan komitmen Indonesia pada proyek KF-X. Spekulasi yang beredar saat ini Indonesia sedang berusaha keluar dari bisnis itu.

Selama berada di Korsel, Menhan Prabowo diharapkan bertemu pejabat senior dan menteri pertahanan Korsel. Kemenhan Korsel sebelumnya mengatakan kedua negara masih berbicara mengatur pertemuan menhan kedua negara.

Indonesia berjanji menanggung 20 persen biaya KF-X, proyek pengembangan pesawat tempur generasi baru bernilai 8,8 triliun won, atau Rp 114,6 triliun. Indonesia baru membayar 227,2 miliar won, atau Rp 2,9 triliun, dan menunggak pembayaran 600 miliar won, atau Rp 7,7 triliun.

Perhatian tertuju kepada apakah kerjasama proyek KF-X akan kembali ke jalurnya setelah kunjungan Prabowo Subianto. Selain proyek KF-X, Indonesia juga menandatangani kesepakatan pembelian tiga kapal selam pada tahun 2019.