Musuh Bebuyutan, di Laut Merah Israel Serang Kapal Iran

Rabu, 07 April 2021 – 12:03 WIB

Ilustrasi kapal rusak karena serangan (Foto:Istimewa)

Ilustrasi kapal rusak karena serangan (Foto:Istimewa)

KAIRO, REQNews - Israel dilaporkan menyerang kapal kargo milik Iran, Iran Saviz, di Laut Merah, pada Selasa 6 April 2021. Ini merupakan pembalasan atas serangan sebelumnya terhadap kapal-kapal Israel.

Laporan The New York Times mengungkap, Israel memberi tahu Amerika Serikat (AS), militernya menyerang kapal Iran Saviz sekitar pukul 07.30, menggunakan ranjau laut limpet yang mengenai lambung kapal.

"Israel menyebut serangan itu sebagai pembalasan atas serangan Iran sebelumnya terhadap kapal-kapal Israel dan disebutkan kapal Iran Saviz rusak," demikian isi laporan tersebut.

Serangan terbaru ini merupakan bagian dari meningkatnya eskalasi melibatkan kapal kargo milik Israel dan Iran sejak akhir Februari. Dua musuh bebuyutan tersebut saling tuding atas berbagai serangan sebelumnya.

Peristiwa teranyar ini terjadi di hari yang sama saat AS dan Iran melakukan pembicaraan tidak langsung di Wina, Austria, ditengahi beberapa kekuatan Eropa, untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015. AS keluar dari kesepakatan bernama JCPOA itu saat pemerintahan Donald Trump.

Diketahui, kapal Iran Saviz beroperasi di Laut Merah sejak beberapa tahun terakhir untuk mendukung pasukan komando Iran yang menjalankan misi pengawalan kapal komersial.

Kapal tersebut secara resmi terdaftar sebagai kapal kargo umum. Namun, Pusat Pemberantasan Terorisme di Akademi Militer AS (USMA) menggambarkan Iran Saviz sebagai kapal induk yang beroperasi di pelabuhan dekat Eritrea.

Iran Saviz dilengkapi perangkat intelijen yang datanya bisa digunakan semua kapal Iran yang melintasi Laut Merah untuk mengoordinasikan langkah-langkah anti-pembajakan.