TMII Diambilalih, Ini yang Akan Dilakukan Pemerintah

Rabu, 07 April 2021 – 15:01 WIB

TMII (Foto:Istimewa)

TMII (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Setelah hampir 44 tahun akhirnya Pemerintah mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita.

Pengambilalihan ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan bahwa TMII akan beroperasi seperti biasa.

Para staf pun diminta untuk bekerja seperti biasa. “Dalam masa transisi TMII tetap beroperasi seperti biasa. Para staf tetap bekerja seperti biasa, tetap mendapat hak keuangan dan fasilitas tetap seperti biasa. Jadi tidak ada yang berubah,” katanya, Rabu 7 April 2021.

Dia mengatakan bahwa staf yang bekerja saat ini secara otomatis akan bekerja dalam pengelolaan tim transisi.

“Nanti dalam waktu 3 bulan, pengelola yang ada sekarang ini harus memberikan laporan pengelolaan kepada tim transisi. Kemudian pengelolaan selanjutnya akan dibahas oleh tim transisi,” katanya.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini menegaskan komitmen pemerintah untuk memperbaiki manajemen dapat memberikan kesejahteraan yang lebih baik bagi para staf.

“Tim transisi kami beri tugas memikirkan inovasi manajemen yang lebih baik dan kesejahteraan yang lebih baik kepada para staf,” katanya.

Pratikno menjelaskan, nanti pasca transisi selesai, tugas tim transisi adalah bekerja sama dengan mitra baru.

"Jadi dengan mitra baru, kami sedang menyiapkan yang poinnya adalah memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat, memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk keuangan negara, memberikan kontribusi untuk keuangan negara,” ujarnya.