Homologasi MotoGP Tersisa Tiga Bulan , Sirkuit Mandalika Harus Sudah Rampung Juli Mendatang

Kamis, 08 April 2021 – 20:02 WIB

Proses Pembangunan Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

Proses Pembangunan Sirkuit Mandalika (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pembangunan Sirkuit Mandalika yang saat ini masih dalam proses diapresiasi oleh perwakilan Dorna dan FIM saat melakukan inspeksi dan pra homologasi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu 7 April 2021.

Meski pengerjaan sirkuit baru rampung 60%, pihak Dorna Sports mengaku puas dengan kondisi yang ada saat ini. Adapun perwakilan Dorna yang melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika yakni Managing director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dan promoter representative, Loris Capirossi. Selain itu ada juga Franco Ucini yang merupkan safety officer FIM.

Dengan berjalan kaki ketiganya menyusuri Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang lintasan 4,3 km dan 17 tikungan. Inspeksi tersebut merupakan Pra Homologasi yang menjadi syarat sebuah sirkuit sebelum mendapat lampu hijau untuk bisa menggelar balapan MotoGP. Dorna Sports yang merasa puas dengan perkembangan yang berlangsung, juga mengatakan para rider MotoGP akan senang dan suka ngebut di sirkuit baru tersebut.

"Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya. Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan, tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya," ucap Ezpeleta.

Sirkuit Mandalika memang berbeda dibanding sirkuit-sirkuit lain yang menggelar MotoGP, karena akan menjadi satu-satunya lintasan untuk balapan MotoGP sirkuit jalan raya. Beberapa waktu lalu, Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer, menyatakan kalau pembangunan Sirkuit Mandalika akan diselesaikan pada Juli mendatang.

"Kami berharap bisa selesaikan bulan Juli. Dukungan dari pusat maupun provinsi terus diberikan, harapannya semua lancar dan acara ini bermanfaat," ucap Abdulbar. Dorna sendiri dipastikan akan datang kembali ke Sirkuit Mandalika melakukan Homologasi pada Juli dan Sirkuit Mandalika harus sudah selesai 100 persen.

"Untuk homologasi, semuanya harus selesai termasuk marshal dan medis, pusat medis dan trek itu sendiri. Menurut linimasa yang kami terima dari MGPA, kami terus sesuai jadwal," ucap Ezpeleta. Asal tahu saja Indonesia pernah menjadi tuan rumah seri grand prix pada 1997. Saat itu lokasi balapan digelar di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.