Tentara Myanmar Tangkap Selebritis Papan Atas, 120 Lainnya Menunggu Giliran

Kamis, 08 April 2021 – 15:04 WIB

Foto: Instagram

Foto: Instagram

Yangon, REQNews.com -- Tentara Myanmar menangkap Paing Takhon, aktor, penyanyi, dan model papan atas, atas aktivitasnya dalam gerakan anti-kudeta.

"Delapan truk militer dengan 50 tentara mengepung rumah Paing Takhon di North Dagon, Yangon, Kamis 8 April pagi," kata Thi Thi Lwin, sudara perempuan selebritis idola gadis-gadis Myanmar dan Thailand itu.

Paing Thakon sedang berada di rumah dan terbaring sakit. Ia dibawa tentara dan diperlakukan dengan baik. Namun tidak ada informasi di mana Paing Thakon mendekam.

Di laman Facebooknya, Paing Thakon sempat menulis soal kesehatannya yang terus memburuk tapi tak menyebut penyakit yang diderita.

"Kesehatan saya tidak baik dalam beberapa hari ini," tulis Takhon. "Saya biasanya berdoa di depan Sang Buddha. Berdoa untuk kesehatan saya dan Myanmar yang damai."

Takhon memiliki satu juta follower Facebook. Kabar penangkapannya dipastikan akan memicu banjir ucapan simpati.

Ia bukan selebrities pertama yang ditangkap tentara. Sutradara, aktor, dan komedian terkenal Zarganar juga ditangkap di rumahnya.

Berbeda dengan Thakon, Zarganar (60) beberapa kali ditangkap militer. Ia dijebloskan ke penjara akibat keterlibatannya dalam ujuk rasa besar-besaran tahun 1998.

Tahun 2007, Zarganar ditangkap lagi karena turun ke jalan bersama biksu dalam Revolusi Saffron. Setahun kemudian ia ditangkap lagi dan dijatuhi hukuman 59 tahun, tapi dibebaskan tahun 2011.

Sebelum penangkpan Zarganar, junta militer merilis nama-nama selebrities yang diburu untuk dijebloskan ke penjara. Daftar pertama berisi 60 nama, lalu berkembang menjadi 120.

Zarganar adalah musuh abadi militer Myanmar, meski sangat mengagumi Jenderal Aung San -- tokoh kemerdekaan Myanmar yang terbunuh. Ia membuat biopic Jenderal Aung San, dan menjadi pendukung setia Daw Aung San Suu kyi -- putri Jenderal Aung San.