Forkabi Siap Bantu Pemprov DKI Soal Program Vaksinasi

Kamis, 08 April 2021 – 19:00 WIB

Sekjen Forkabi DPD Jakarta Barat Abdullah (kanan), Wakil Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko (kedua dari kanan/memakai kopiah)

Sekjen Forkabi DPD Jakarta Barat Abdullah (kanan), Wakil Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko (kedua dari kanan/memakai kopiah)

JAKARTA, REQnews - Wakil Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, menerima audensi Organisasi Kemasyarakan (Ormas) Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) DPD Jakarta Barat, di kantor Walikota Jakarta Barat, Kamis, 8 April 2021.

Dalam pertemuan itu, Yani meminta agar Forkabi mendukung program pemerintah yang saat ini sedang berjalan, yaitu memutus mata rantai penularan Covid-19. Menurutnya, pemberian vaksin kepada masyarakat terutama lansia sedang digalakkan. namun, terdapat kendala yang dihadapi soal hal tersebut.

"Masalahnya lansia banyak kendala, baik soal fisik atau mungkin rasa takut," kata Yani. Oleh karena itu, dirinya meminta Forkabi bisa ikut berperan membantu dan mendorong agar lebih banyak para lansia yang divaksin. Hal lain yang disinggung adalah terkait keamanan dan ketertiban.

Yani meminta Forkabi ikut berperan dalam menjaga lingkungan yang kondusif. "Forkabi sebagai anak Betawi dan tuan rumah di Jakarta, harus bisa ikut menjaga lingkungan agar tetap kondusif. Jika terjadi masalah dilingkungan, mari diselesaikan secara kekeluargaan," ujar Yani

Sementara itu, Sekjen Forkabi DPD Jakarta Barat, Abdullah menambahkan, pada prinsipnya Forkabi memang sejalan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung program yang akan dijalankan. Bukan hanya soal program vaksinasi terhadap masyarakat, namun juga banyak program terutama yang berfokus terkait dengan Betawi, termasuk seni dan budaya.

"Maka dari itu kami meminta waktu pada jajaran birokrat di Jakarta Barat, karena memang nantinya kita berharap dari Forkabi DPD Jakarta Barat bisa membantu mensinergikan program Pemprov DKI maupun Pemkot Jakarta Barat," ujar Abdullah.

Ditegaskan Abdullah, kehadiran Forkabi sendiri diharapkan bisa menjadi penengah ormas lain jika seandainya terjadi permasalahan. "Sebagai ormas asli daerah, bagi Forkabi tak ada ruang menonjolkan arogansi. Begitu juga terkait internal Forkabi, kami lebih mengutamakan akhlak dan SDM untuk kepengurusan," ujarnya.