Terbongkar! Kapolri Harus Tahu, Ternyata Sumber Dana KKB Berasal dari Sini

Senin, 12 April 2021 – 09:21 WIB

Anggota KKB (Foto: Istimewa)

Anggota KKB (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Akhirnya sumber dana pembelian senjata api dan amunisi kelompok kriminal bersenjata (KKB) terungkap. 

Awalnya Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menduga sumber dana KKB berasal dari oknum pejabat pemerintah hingga perampasan dana desa. Ternyata kelompok militan itu mendapatkan suntikan dana dari tambang emas ilegal yang ada di empat kabupaten yaitu Paniai, Intan Jaya, Timika, dan sebagian Yahukimo.

"Kalau Timika sudah jelas, makanya kita agak geser pendulang di situ agar tidak mendulang lagi," kata Fakhiri di Jayapura, Kamis 8 April 2021. Kondisi lokasi penambangan ilegal yang jauh dinilai dijadikan celah dan dimanfaatkan KKB. Akibatnya pengawasan dari aparat keamanan menjadi minim. 

"Wilayah pendulangan biasanya jauh dari pengawasan aparat. Ada KKB yang datang untuk mengambil upeti, ada juga yang mereka ikut dulang," ujar Fakhiri. 

Pihak Polda juga bertekad untuk memutus seluruh sumber dana KKB.  "Ini kita akan monitoring supaya mereka tidak mencari uang di situ dan uangnya dipakai untuk membeli peralatan tadi," kata Fakhri.

Adanya area penambangan emas ilegal yang dijadikan sumber dana juga dibenarkan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Frets J.

Namun pihaknya tak dapat berbuat banyak karena belum mendapatkan izin dari menteri ESDM untuk melakukan pemantauan.  Sebelumnya, KKB menggemparkan masyarakat Papua setelah menembak mati dua guru di Distrik Beoga, menculik kepsek, dan membakar tiga sekolah di distrik tersebut.   

Sekolah yang dibakar itu tak lain adalah SD Jambul, SMP N 1, dan SMA 1 Beoga.