Besok, White Lives Matter vs Black Lives Matter di California

Minggu, 11 April 2021 – 21:55 WIB

Seorang anggota Klu Klux Klan (KKK) memimpin upacara. Lewat pertemuan White Lives Matter, KKK diperkirakan akan bangkit. Foto: Russia Today

Seorang anggota Klu Klux Klan (KKK) memimpin upacara. Lewat pertemuan White Lives Matter, KKK diperkirakan akan bangkit. Foto: Russia Today

California, REQNews.com -- Personel polisi dalam jumlah besar diprediksi akan muncul di Huntington Beach, California, AS, jelang unjuk rasa White Lives Matter. Black Lives Matter (BLM) berencana menggelar protes tandingan.

White Lives Matter akan berparade Minggu 11 April waktu setempat, atau Senin 12 April sore. Spanduk Klu Klux Klan (KKK) telah terlihat di wilayah itu. Selebaran telah berserak.

Letnan Polisi Brian Smith mengatakan personel polisi dalam jumlah besar akan dikerahkan sejak siang. Tugasnya, mengantisipasi kemungkinan bentrok fisik dua kelompok.

Protes Klu Klux Klan tampaknya diorganisir di media sosial. Selebaran dibagikan ke penduduk wilayah itu akhir pekan lalu, dan hanya pers yang tertarik dengan situasi.

Salah satu sel KKK, yang menyebut diri Loyal White Knight, adalah klan terbesar yang masih beroperasi di AS. Anggotanya ambil bagian dalam demonstrasi White Lives Matter beberapa tahun terakhir. Yang terkenal adalah Reli 'United the Right 2017 di Charlottesville, Virginia.

BLM merespon kemunculan Loyal White Knight dengan mengorganisir protes tandingan, yang dipimpin kepala cabang BLM dan anggota Asosiasi Nasiontal untuk Kulit Berwarna (NAACP).

Namun, NAACP Orange County, Sabtu lalu, menyatakan akan menjauhkan diri dari pengunjuk rasa. "Kami tidak akan pernah menghalangi hak siapa pun atas kebebasan berbicara," katanya. "Jaringan global BLM juga mencegah protes tandingan, atau protes balasan."

Amandemen Pertama Konstitusi AS melindungi kebebasan berbicara dan berkumpul, termasuk unjuk rasa KKK. Petugas Kepolisian Huntington Beach akan dikerahkan hari Minggu untuk menutup rapat umum, dan bersiap menanggapi kekerasan dan pelanggaran hukum.

Tiga anggota parlemen dari Partai Demokrat lokal merilis pernyataan yang mengutuk rapat umum, tapi mengakui hak semua orang AS untuk mengungkapkan pendapat. Bahkan kelompok rasis paling keji pun bebas berbicara.

California dihuni masyarakat liberal, tapi Huntington Beach adalah kantong sentimen sayap kanan. Penduduk menentang pembatasan virus corona yang dilakukan Gubernur Gavin Newsom.

Masyarakat secara terbuka menentang jam malam. Tahun 1980 dan 1990-an, kota ini dikenal sebagai sarang skinhead dan neo-Nazi.

KKK adalah organisasi yang hidup dalam bayang-bayang kebesaran masa lalu. Organisasi itu terus mengecil, dengan jumlah keanggotaan nasional hanya 3.000 orang.

Beberapa komentator online menyalahkan media, karena menarik perhatian pada apa yang seharusnya menjadi pertemuan kecil.

"Jadi, abaikan apa yang disebut aksi #WhiteLivesMatter agar tidak menarik perhatian dan liputan media," tulis Hisham Mahmud.

Komentar lain menyebutkan pertemuan WhiteLivesMatter tak ubahnya iklan besar untuk KKK. Demo serupa direncanakan digelar pada hari yang sama di kota-kota seluruh AS; New York, Fort Worth, Texax, Chicago, Illinois dan Raleigh, North Carolina.