Uni Emirat Arab Pilih Dua Astronot Pertamanya

Minggu, 11 April 2021 – 22:35 WIB

Mohammed al-Mulla (kiri) dan Noura al-Matrooshi, dua astronot Uni Emirat Arab (UEA) yang akan menjelajah luar angkasa. Foto: alarabiya.net

Mohammed al-Mulla (kiri) dan Noura al-Matrooshi, dua astronot Uni Emirat Arab (UEA) yang akan menjelajah luar angkasa. Foto: alarabiya.net

Dubai, REQNews.com -- Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan dua astronot pertamanya. Salah satunya perempuan.

Lewat Twitter-nya, wakil presiden dan Perdana Menteri (PM) Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengumumkan Noura Al-Matroosh adalah satu dari dua astronot dalam program Pusat Luar Angkasa Mohammed bin Rashid (MBR) UEA.

Satu astronot lainnya adalah Mohammed Al-Mulla. "Keduanya terpilih lewat seleksi yang melibatkan 4.000 kandidat yang mendaftar," kata Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Al-Matrooshi, lewat Twitter-nya, mengatakan; "Bangsa ini memberi momen tak terlupa hari ini. Saya akan bekerja keras menulis momen bersejarah dan pencapaian yang akan terukir selamanya bagi rakyat kita."

Ia melanjutkan; "Saya berterima kasih kepada pemimpin kami yang bijak dan tim Program Astronot UEA. Saya akan melakukan persiapan dan bekerja mulai saat ini."

Al Matrooshi lahir 1993, memgang gelar sarjana teknik mesin dari Universitas Uni Emirat Arab. Dia juga insinyur di National Petroleum Construction Company.

Dalam video yang diunggah di media sosial, Al Matrooshi mengungkapkan kecintaan pada ruang angkasa sejak usia muda. Dia senang ke acara diskusi alam semesta.

Al Mulla lahir 1988. Ia pilot pesawat komersial dan bekerja sebagai pilot Polisi Dubai. Ia menjadi lepala divisi pelatihan.

Al Matrooshi dan Al Mulla akan berlatih di NASA untuk eksplorasi ruang angkasa di masa depan.