Modal Drone Canggih Ini, Ukraina Siap Perangi Rusia

Minggu, 18 April 2021 – 11:02 WIB

Pesawat Tempur Bayraktar TB2 (Foto: Istimewa)

Pesawat Tempur Bayraktar TB2 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Konflik antara Rusia dan Ukraina semakin menegang. Pasalnya, Angkatan Bersenjata Ukraina tengah mempersiapkan amunisi jika berpeluang terjadinya konflik bersenjata kedua negara.

Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) militer Ukraina telah dipersiapkanm Salah satunya adalah pesawat tempur tanpa awak (drone) Angkatan Darat Ukraina, Bayraktar TB2.

Bayraktar TB2 adalah kendaraan tempur nirawak karya Selcuk Bayraktar, pendiri perusahaan pembuat pesawat Baykar yang tak lain adalah anak menantu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Dalam sejarahnya, Bayraktar TB2 di Perang Nagorno-Karabakh, menjadi salah satu andalan Angkatan Udara Azerbaijan untuk menghancurkan sejumlah target militer Armenia.

Drone ini sangat mungkin dipakai militer Ukraina seandainya perang melawan Rusia benar-benar terjadi. Sebab ternyata, Ukraina memiliki 12 unit drone Bayraktar TB2 yang siap melucur kapan saja.

Dilansir dari Defence Turk, Ukrania telah memesan 60 unit drone Bayraktar TB2 sepanjang tahun 2019. Mengetahui hal ini, pemerintah Rusia menegaskan kepada sejumlah negara termasuk Turki, agar menghentikan suplai senjata ke Ukraina.

"Kami mendesak semua negara yang bertanggung jawab yang berkomunikasi dengan kami, dan Turki adalah salah satunya," ucap Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov," dikutip REQnews dari Kantor Berita Rusia, TASS.