IFBC Banner

Videonya Banyak Menghina Islam, Ternyata Begini Kehidupan Jozeph Paul Zhang Dahulu

Minggu, 18 April 2021 – 18:02 WIB

Jozeph Paul Zhang, pelaku penghina Nabi Muhammad dan agama Islam

Jozeph Paul Zhang, pelaku penghina Nabi Muhammad dan agama Islam

JAKARTA, REQnews - Nama Jozeph Paul Zhang saat ini paling dicari di jagat maya tanah air pasca penghinaannya terhadap Nabi Muhammad SAW dan agama Islam.

Dalam videonya yang viral di media sosial, Jozeph melakukan diskusi online melalui zoom yang diklaimnya diikuti oleh beberapa orang dari berbagai negara. Kemudian ia menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya, dengan tema "Puasa Lalim Islam". Dalam video tersebut, yang bersangkutan dengan entengnya menistakan Islam. Bahkan disebutnya "Allah dikurung di ka'bah".

"Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep fauzan, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabullah. Kalo anda bisa laporan atas penistaan agama, gua kasi lo satu laporan Rp 1 juta, maksimum lima laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan," kata Jozeph dalam video yang viral di media sosial itu.

Tantangan tersebut rupanya benar-benar direspons. Di Bareskrim Mabes Polri tercatat ada satu laporan pada 17 April 2021 dengan nomor LP/B/0253/IV/2021/Bareskrim.

Semenara itu, Mabes Polri mengaku tengah melakukan penyelidikan terhadap Jozeph. "Sudah lidik," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu. 18 April 2021.

Dari penyelidikan awal Mabes Polri, didapat informasi dari Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno Hatta berdasarkan Travel document no B6622531, Jozeph tidak lagi berada di Indonesia. Dia tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong sejak tanggal 11 Januari 2018.

Mengklaim Ahli Kristologi

Lalu, siapa sebenarnya Jozeph Paul Zhang? Dia mengklaim dirinya sebagai apologet dan ahli Kristologi. Ia mengabarkan Injil, berdakwah melalui artikel, buku-buku, maupun tulisan di media sosial dan seminar-seminar Menjawab Iman Kristen.

Terakhir dirinya tinggal mengontrak rumah di Salatiga, Jawa Tengah. Jozeph si penista Islam ini hanya bekerja sebagai penjual komputer. Konten-kontennya memang kerap provokatif. Dan belakangan dia kembali viral lewat tayangan Youtube, karena mengaku sebagai nabi ke-26.

Kini, dia mengaku tinggal di Bremen, Jerman. Jozeph mengaku telah membaptis ratusan orang eks Islam yang telah disadarkan melalui pemberitaan Injil yang dilakukan baik lisan maupun tulisan di Indonesia dan di Benua Eropa.

Bukan kali ini saja, Jozeph menghina agama lain. Konten YouTube dan blognya banyak berisi bernada olok-olok agama lain, terutama Islam. Dia juga pernah mendapat kritikan keras dari umat Islam dan diminta agar berhenti membuat konten provokatif karena dapat memecah belah persatuan.