Rusia Uji Rudal Jelajah Supersonik di Laut Hitam

Sabtu, 01 Mei 2021 – 01:42 WIB

Foto: New York Post

Foto: New York Post

Moskwa, REQNews.com -- Rusia menguji rudal jelajah suprsonik di Laut Hitam sebelum kedatangan dua kapal perang AL Inggris.

East2West News melaporkan otoritas Rusia mengatakan kapal penelajah Moskva menembakan rudal Vulkan dari sistem rudal Bazalts kali pertama dalam sejarah modern.

Target permukaan ditembak dari jarak 19 mil. Marshal Shaposhnikov, freegat AL Rusia, juga menguji rudal jelajah Kalibr-NK.

Uji rudal berlangsung di tengah ketegangan di Ukraina, dengan kekhawatiran Rusia menginvasi negeri itu.

AS mengutuk uji rudal itu, dan mengecam Rusia yang memblokade sebagian besar Laut Hitam dengan 20 kapal, serta memblokir kapal asing selama pengujian.

Rekaman latihan oleh kapal induk di Laut hitam dirilis Kementerian Pertahanan Rusia, untuk menunjukan keberhasilan. Dalam pengujian di Laut Jepang, rudak Kalibr salah sasaran dan nyaris menghantam kapal perusak Marsekal Shaposhnikov.

Kementerian Pertahanan Rusia di Twitter-nya mengatakan; "Kapal penjelajah rudal Moskwa Armada Laut Hitam kali pertama menembakan rudal Vulkan, dengan sistem rudal Bazalts."

Moscow Times melaporkan seorang koresponden mengatakan; "Rudal ini adalah alasan mengapa Moskva disebut pembunuh kapal induk."