Anwar Abbas Komentari Jamaah Bermasker dalam Masjid, Ngabalin: Ingat Ada Haji TOMAT

Selasa, 04 Mei 2021 – 16:01 WIB

Ali Mochtar Ngabalin (Foto:Istimewa)

Ali Mochtar Ngabalin (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memberikan komentar terhadap pernyataan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas terkait persoalan jamaah bermasker dimarahi dan diusir oleh pengurus masjid.

"Santun amat, pa'tua ini menanggapi Kisruh Jama'ah yg dilarang bermasker oleh DKM Al-Amanah. Semoga usai ramadhan nanti tetap baik dan lurus-lurus saja pandangannya tentang pemberlakuan PROKES. Ingat ada Haji 'TOMAT'? Pergi haji berTObat, balik Jakarta kuMAT lagi kelakuannya, salam," kata Ngabalin melalui akun Twitter-nya pada Selasa, 4 Mei 2021.

Sebelumnya, Anwar Abbas menyambut baik kesepakatan damai seorang jemaah di Bekasi yang dilarang bermasker di dalam masjid.

Menurut Anwar Abbas hasil kesepakatannya sudah sesuai dengan sikap dan pandangan MUI.

"Dari sini terlihat musyawarah itu penting karena lewat itulah kita akan bisa saling mengerti antara satu sama lain sehingga akhirnya mereka bisa menemukan kesepakatan bersama," kata Anwar Abbas pada Senin, 3 Mei 2021.

Anwar Abbas mengatakan bahwa sudah sepatutnya masyarakat menghadapi pandemi dengan kepercayaan bahwa musibah terjadi atas kehendak Tuhan. Akan tetapi, manusia juga harus berupaya untuk menghadapinya, yaitu dengan menjaga diri.

"Itulah sebabnya Nabi melarang orang untuk masuk ke dalam daerah yang terkena wabah dan atau keluar dari daerah tersebut. Ini menunjukkan bahwa meskipun Tuhan sudah menentukan takdir kita masing-masing tapi kita kan tidak tahu takdir kita itu seperti apa. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga diri kita," ujarnya.