IFBC Banner

Cina Sukses Mendaratkan Penjelajah Zhurong di Mars

Sabtu, 15 Mei 2021 – 18:30 WIB

Foto: Global Times

Foto: Global Times

Beijing, REQNews.com -- Cina mendaratkan penjelajah Zhurong di Mars untuk menjadi negara kedua dalam sejarah yang memiliki penjelajah di Planet Merah.

IFBC Banner


Zhurong, atau dewa api dalam mitologi Cina kuno, mendarat Sabtu 15 Mei pagi di Utopia Planitia di Mars. Kantor berita Xinhua memberitakan penjelajah bertenaga surya itu memiliki berat 240 kilogram, memiliki enam roda, dan membawa instrumen ilmiah.

Tugas Zhurong adalah mencari tanda-tanda dan bukti kehidupan purba di permukaan Mars, dan mengirim data ke Bumi.

Global Times memberitakan Presiden Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat kepada semua orang di balik misi ke Mars. "Keberhasilan ini menandai langkah besar dalam eksplorasi antarplanet Cina," katanya. "Meninggalkan jejak orang Cina di Mars kali pertama menandai tonggak lain perkembangan industri luar angkasa kita."

Pengorbit Tianwen-1 akan menyampaikan sinyalnya ke Zhurong selama misi, dan melakukan survei global selama satu tahun Mars. Tianwen-1 sebelumnya menghabiskan tiga bulan di orbit Mars untuk memetakan area pendaratan sebelum melepas Zhurong.

Tianwen-1 diluncurkan dengan roket Long March 5 dari pusat peluncuran di Wenchang, Hainan, 23 juli tahun lalu. Wahana menghabiskan tujuh bulan perjalanan ke Mars, sebelum memasuki orbit Februari lalu dan mengirim foto pertamanya dari jarak satu juta kilometer.

Sebelum Zhurong mendarat, tim ilmiah di balik sukses ini mengatakan pada percobaan pertama Tianwen akan mendarat di Mars dan melepaskan penjelajah, serta mengkoordinasikan pengamatan denan pengorbit.

Tianwen-1 adalah satu dari tiga misi Mars internasional yang diluncurkan musim panas lalu. Dua lainnya adalah Perseverance NASA, yang mendarat di Mars Februari lalu, dan Hope yang memasuki orbit Mars, juga Februari.

Berbeda dengan misi AS dan Cina, Hope tidak dimaksudkan untuk mendarat di Mars, tapi hanya mempelajari plabet dari orbit.

Tianwen-1, atau Pencarian Kebenaran Surgawi, berharap mengumpulkan informasi penting tentang tanah Mars, struktur geologi, lingkungan, dan atmosfer, serta mencari tanda-tanda air.