Cina Tangguhkan Pendakian Gunung Everest untuk Menghindari Masuknya Covid-19 dari Nepal

Minggu, 16 Mei 2021 – 22:44 WIB

Foto: asianage.com

Foto: asianage.com

Lhasa, REQNews.com -- Cina menangguhkan musim pendakian Gunung Everest untuk mencegah impor virus dari Nepal.

Xinhua, kantor berita Cina, memberitakan sebanyak 21 pendaki -- seluruhnya dari Tiongkok -- kini hanya bisa menunggu sampai penangguhan dicabut.

Cina sejauh ini hanya mengeluarkan satu ijin pendakian. Sedangkan Nepal mengeluarkan beberapa ijin pendakian, dengan beberapa pendaki telah bergerak naik.

Nepal dan Cina berbagi Gunung Everest. Nepal mengontrol sisi selatan, dan Cina sisi utara. Nepal lebih dulu mengeluarkan ijin. Cina mengikuti.

Namun, pandemi virus korona yang mengkhawatirkan di Nepal membuat merasa perlu untuk waspada. Pekan lalu, media Cina melaporkan Beijing berencana membuat 'garis pemisah' di puncak Gunung Everest untuk menghindari pendaki dari Nepal dan Cina berbaur dan membuat penularan Covid-19.

Kasus virus korona terus meningkat di Nepal, dengan 8.000 kasus pada Jumat lalu. Sebanyak 20 persen dari seluruh kasud di Nepal dilaporkan dalam sepuluh hari terakhir.

Peningkatan kasus juga membuat operator ekspedisi internasional membatalkan upaya mendaki Gunung Everest dari wilayah Nepal.