Khianati Jokowi, 134 PNS yang Nekat Mudik Bakal Kena Sanksi Berat

Selasa, 18 Mei 2021 – 08:04 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pemerintah mendapati adanya 134 Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga melanggar aturan larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menegaskan, ia bakal menjatuhkan sanksi tegas terhadap 134 ASN tersebut.

"Mohon yang masuk dalam sistem LAPOR! segera diselidiki dan ditindaklanjuti. Jika memang terbukti bersalah, pejabat pembina kepegawaian (PPK) dapat memberi sanksi," kata Tjahjo, Senin 17 Mei 2021.

LAPOR! merujuk pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Sejauh ini, sistem LAPOR! telah menerima 160 laporan dari masyarakat selama periode cuti bersama dan liburan Lebaran. Namun, hanya 134 pegawai ASN yang diadukan pulang ke kampung halamannya.

Seperti diketahui, pemerintah melarang masyarakat, terutama ASN untuk mudik lebaran, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, sebagai upaya mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Instruksi itu dikeluarkan dalam Surat Edaran Menteri PAN RB No.8/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti Bagi Pegawai ASN dalam Masa Pandemi Covid-19

Surat edaran itu tegas melarang pegawai negeri sipil untuk mudik, kecuali ada alasan tertentu atas izin tertulis dari PPK, atau ada surat tugas yang telah ditandatangani oleh minimal pejabat tinggi pratama atau pejabat setingkat eselon II.