Heboh 97 Ribu PNS Fiktif, Sri Mulyani Siapkan Rencana Keren Ini

Rabu, 26 Mei 2021 – 15:45 WIB

Sri Mulyani (Foto: Istimewa)

Sri Mulyani (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Temuan BKN pada 2014 bahwa adanya dugaan 97 ribu data pegawai negeri sipil (PNS) fiktif ditanggapi Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari. Menurut dia, Kementerian Keuangan akan siapkan rencana ini.
 
"Kemenkeu akan segera mengadakan koordinasi dengan BKN untuk menindaklanjuti 97 ribu data PNS seperti yang disampaikan oleh BKN tersebut," kata Rahayu, Senin 24 Mei 2021.

Kata Rahayu pembayaran gaji yang dilakukan Kemenkeu sejatinya berdasarkan permintaan pembayarann gaji oleh kementerian atau lembaga. Sebelum kementerian dan lembaga itu mengajukan permintaan pembayaran, ia berujar Kemenkeu telah melakukan rekonsiliasi data dengan kementerian dan lembaga bersangkutan.

"Rekonsiliasi data tersebut bertujuan untuk melakukan pencocokan data antara data di K/L dengan data di Kemenkeu sebagai dasar bagi pembayaran gaji," ujar Rahayu.


Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengungkapkan lembaganya sempat memperoleh temuan bahwa ada 97.000 data pegawai negeri sipil atau PNS yang misterius. Temuan itu diperoleh saat BKN menyelenggarakan pemutakhiran data pada tahun 2014.

Saat itu, pendataan ulang PNS dilakukan secara elektronik dan dilakukan oleh masing-masing PNS.

"Hasilnya ternyata hampir 100 ribu, tepatnya 97 ribu data itu misterius. Dibayarkan gajinya, membayar iuran pensiun, tapi tidak ada orangnya," kata Bima dalam siaran video di akun Youtube BKN, Senin 24 Mei 2021.