Tak Ada Kompromi, OPM Tetap Berstatus Teroris

Kamis, 10 Juni 2021 – 06:36 WIB

Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM)

JAKARTA, REQnews - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli menegaskan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah gerombolan teroris.

Ia berkata, penyematan label teroris pada OPM sudah melalui kajian mendalam dengan melirik rekam jejak apa yang dilakukan kelompok tersebut selama ini.

"Tentu kita melihat, kita pelajari apakah mereka memiliki motif ideologi, memiliki motif politik, dan memiliki motif ingin mengganggu keamanan masyarakat sehingga masyarakat itu tidak boleh hidup dengan tenteram. Faktanya ternyata ada, itu berarti itu adalah pihak pihak yang layak diduga melakukan aksi aksi terorisme," kata Boy di Timika, Rabu 9 Juni 2021.

Boy menyebut, pemerintah akan terus mengeliminasi semua potensi bahaya dan gangguan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat, terutama di Papua.

Lebih lanjut, ia meminta agar seluruh komponen masyarakat Papua terus menyuarakan dan menggelorakan semangat cinta damai dan menjauhi segala bentuk kekerasan.

 

 

"Jadi kita harus terus gelorakan semangat seperti itu sehingga kita semuanya menjadi bangsa yang rukun, harmoni, bisa menghargai perbedaan, bisa menghormati kemajemukan bangsanya sendiri," ujar jenderal bintang tiga tersebut.

Kemudian, Boy Rafli mengungkapkan bahwa tidak ada satupun bangsa di dunia dewasa ini yang mencintai permusuhan dan kebencian, apalagi kekerasan.