Denny Indrayana Apes, Akhirnya Kalah Pilgub

Kamis, 10 Juni 2021 – 16:44 WIB

Denny Indrayana (Foto: Istimewa)

Denny Indrayana (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pasangan calon 02 Denny Indrayana-Difriadi memperoleh suara lebih rendah dari lawannya dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalimantan Selatan. Hal itu berarti Denny kalah dalam petarungan Pilgub. 


Sebelumnya, KPU Kalsel menetapkan pasangan calon petahana, Sahburun-Muhidin, sebagai pemenang Pilgub Kalsel. Mereka meraih 851.822 suara atau 50,24 persen suara sah.

Sementara pasangan penantang, Denny-Difriadi, kalah tipis. Mereka mengumpulkan 843.695 suara atau 49,76 persen.

Denny-Difri pun menggugat hasil tersebut ke MK. Mereka meminta MK mendiskualifikasi petahana karena melakukan sejumlah kecurangan, seperti politik uang.

Sedangkan dalam PSU, pasangan calon petahana nomor urut 01, Sahbirin Noor-Muhidin, unggul sementara dengan perolehan suara 51,2 persen

Hasil perolehan suara ini berdasarkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat usai PSU pada Rabu 9 Juni 2021.

 
Melalui laman https://pilkada2020.kpu.go.id yang diperbarui Kamis 10 Juni, pukul 05.28, paslon 01 memperoleh 868.049 suara atau 51,2 persen. Sementara paslon 02 memperoleh 827.857 suara atau 48,8 persen dengan data masuk 9.058 dari 9.069 TPS atau 99,88 persen.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji menjelaskan, data yang ditampilkan tersebut hasil foto formulir Model.C Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.


"Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model.C Hasil-KWK akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan," katanya.

Ia menegaskan bahwa hitung cepat yang ditampilkan bukan merupakan hasil resmi perhitungan perolehan suara, karena penetapan hasil rekapitulasi dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

PSU dilaksanakan pada satu kota dan dua kabupaten di Kalsel, yaitu di 301 TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Kemudian lima kecamatan di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul ada 502 TPS serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Mahkamah Konstitusi (MK) diketahui memutuskan PSU terhadap sengketa pilkada yang diajukan Denny selaku calon gubernur Kalsel.