Pesawat Militer Jatuh Tewaskan Biksu Berpengaruh Pendukung Junta Militer Myanmar

Kamis, 10 Juni 2021 – 16:43 WIB

Foto: The Irrawaddy

Foto: The Irrawaddy

Mandalay, REQNews.com -- Pesawat militer Myanmar, Kamis 10 Juni, jatuh di Kotapraja Pyin Oo Lwin wilayah Mandalay, menewaskan dua belas orang, termasuk biksu paling berpengaruh dan pendukung junta militer.

Abhisheka Maha Rattha Guru Dr Bhatanda Kavisara, biksu terkenal di Myanmar, tewas bersama satu biksu lainnya dan lima personel militer dalam kecelakaan itu. Lima penumpang lainnya adalah donatur proyek pembangunan biara.

Seorang sersan dan anak donatur proyek selamat dari kecelakaan itu dengan luka-luka. Mereka dirawat di rumah sakit militer Pyin Oo Lwin.

Myawady Televison, televisi pro rezim militer, memberitakan pesawt jauh sekitar pukul 08:00 pagi saat mendarat di Bandara Anisakhan di Pyin Oo Lwin, setelah penerbangan dari Naypyitaw.

Bhikku Dr Bhatanda berada di pesawat untuk melihat dari dekat pembangunan Biara Zaygone di Desa Kyaukphardoe Pyin Oo Lwin. Bhikku Dr Bhatanda adalah pendukung militer sejak pemerintahan Jenderal Than Shwe.

Jenderal Min Aung Hlaing, panglima militer Myanmar yang merebut kekuasaan 1 Februari allu, bertemu dan mengadakan sesi doa dengan Dr Bhatanda sehari sebelum kudeta.

Pada Juni 2017, sebuah pesawat militer jatuh di Kotapraja Dawei di Wilayah Tanintharyi, menewaskan 122 orang. Februari 2016, pesawat angkut militerjauh di Kotapraja Lawe, Naypyitaw.