Istri Gembong Narkoba Joaquin 'El Chapo' Guzman akan Mengaku Bersalah

Kamis, 10 Juni 2021 – 19:24 WIB

Foto: canberratimes.com.au

Foto: canberratimes.com.au

Washington, REQNews.com -- Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkoba terkenal Joaquin 'El Chapo' Guzman, akan mengaku bersalah di hadapan hakim Pengadilan Distrik AS Rudolph Contreras, tapi tidak jelas kejahatan apa yang akan diakuinya.

Pengakuan akan disampaikan pukul 10:00 waktu setempat. Mantan ratu kecantikan berusia 31 tahun itu ditangkap Februari lalu atas tuduhan menyampaikan pesan untuk membantu peredaran narkoba kartel Sinaloa dari 2012 sampai 2014. Emma juga terus menyampaikan saat mengunjungi suainya di penjara Meksiko setelah penangkapan pada Februari 2014.

Jaksa mengatakan Emma memainkan peran kunci dalam pelarian Guzman tahun 2015 dari penjara Meksiko. Ia mengambil alih kartel Sinaloa, setelah suaminya meringkuk di penjara.

Wanita kelahiran California dan memegang kewargangaraan AS dan Meksiko juga didakwa bersekongkol mendistribuikan lima kilogram kokain, satu kilogram heroin, dan 500 gram atau lebih metamfetamin, serta satu ton marijuana.

Jika terbukti bersalah atas semua tuduhan, Emma bisa dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan denda 10 juta dolar AS, atau Rp 142,6 miliar.

El Chapo Guzman, kini berusia 64 tahun, dinyatakan bersalah pada Februari 2019 dalam pengadilan di Brooklyn karena menjalankan kartel narkoba Sinaloa. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup ditambah 30 tahun, dan dikurung di penjara federal AS supermaksimum di Florence, Colorado.